Berternak lebah Madu

7:10 PM

* wuuuiiiiihhhhhh meeen judulnya tu lho.... serius amat…. Moga pada punya modal ya?? ha…ha…ha…

Pada umumnya usaha peternakan lebah madu dapat dilakukan secara besar besaran maupun secara kecil-kecilanatau dengan cara tradisional. Madu yang dihasilkan dari peternakan tersebut dapat langsung dijualke pasaran. Jika peternakan lebah madu diusahakan dengan baik maka akan bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Tetapi jangan lupa kebutuhan lebah pun harus kita perhatikan dengan baik. Tempat yang disediakanpun harus memenuhi persyaratan. Sediakan pula sarana air bersih yang tak begitu jauh dari stup (kandang lebah madu). Disekitar tempat tersebut tanami pohon buah-buahan terutama yang banyak menumbuhkan bunga sebab lebah madu akan menghisap nektar, sari makanan atau tepung yang terdapat pada bunga-bungaan.

Untuk tahap pertama kita buat sebuah kotak berbentuk persegi empat untuk kandang lebah. Setelah kita menyiapkan setupnya (kandang untuk lebah madu) kemudian kita simpan serombongan lebah biasa dan sertakan pula lebah ratu atau disebut pula ratu lebah. Untuk hal ini kita bisa kita bisa beli dari para petani lebah yang biasa menjual lebah dalam bentuk paket.

Untuk kebutuhan makanan lebah dapat kita kita letakkan didalam stup yaitu berupa campuran tepung sari dengan sirup gula yang nantinya akan mampu mempercepat pertumbuhan tempayak. Bagi daerah yang berhawa dingin sirup dibuat dalam keadaan kental.

Didalam stup kita tempatkansisiran untuk tempat tempayak. Jika sisiran ada yang sudah rusak, segera ganti dengan yang baru. Makanan lebah pun harus sering dikontrol kalau makanan tersebut sudah banyak berkurang tambah lagi dengan cairan sirup dan tepung sari. Hal ini akan membuat koloni lebah menjadi betah.

Beberapa jenis lebah :

1. Lebah Ratu :

Lebah ini memiliki mata majemuk yang paling kecil diantara ketiga jenis lebah lainya. Antenna pada ujung kepala mempunyai 11 buah cincin. Perutnya juga kelihatan terdiri dari enam bagian.

Lebah ratu mempunyai dua buah indung telur yang aktif kesuburanya. Juga mempunyai kantong seperma. Lebah ratu ini mampu menghasilkan tiga jenis labah, yaitu lebah ratu itu sendiri, lebah jantan, dan lebah pekerja.

2. Lebah Jantan :

Mempunyai mata majemuk yang lebih besar dari ketiga jenis lebah lainya. Bagian perutnya kelihatan tediri dari 7 bagian. Lebah jantan mempunyai sepasang testes, yang dapat menghasilkan sepermatozoa yang berda dalam sisi perut.

Setelah melakukan perkawinan dengan lebah ratu, lebah jantan akan segera mati. Lebah jantan memiliki tubuh yang lebih besar dari lebah ratu maupun lebah pekerja,tapi tubuhnya tak sepanjang lebah ratu.

3. Lebah Pekerja :

Antenna pada lebah pekerja mempunyai 11 buah cincin. Perutnya tampak terdiri dari enam bagian. Lebah ini dapat bertelur tetapi apabila dalam keadaan yang sangat memaksa, jika dalam koloninya kebetulan tidak tersadapat lebah ratu maka lebah pekerja ini akan bertelur. Lebah pekerja ini jika telah menyengat satu kali saja ia akan segera mati.

Sebagai calon peternak lebah kita harus mengetahui jenis tanaman apa yang lebih disukai oleh lebah madu. Lebah sangat menyukai jenis tanaman yang mempunyai kandungan nektar tinggi. Umpamanya saja tanama yang tumbuh disekitar kita, seperi jruk, pisang, kelapa,apel, jambu mete, durian, buah asam, mangga, rambutan, dan papaya.

Stup (kandang untuk lebah madu) yang telah berisi lebah sebaiknya menghadap kearah timur agar tekena cahaya matahari. Akan tetapi harus dihindarkan dari sinar matahari yang berkepanjangan sebab akan mengakbatkan udara didalam stup akan panas dan lebah-lebah akan merasa tida nyaman lagi tinggal didalamnya. Mereka akan segera meninggalkan stup dan membuat sarang di tempat lain.

Lokasi tempat stup harus berada di tempat yang rindang diteduhi pepohonan. Tempat atau lokasi semacam itulah yang akan membuat lebah madu suka tinggal di dalam sarangnya. Cara penempatan setup bisa digantung maupun diletakkan di atas tanah dengan menggunakan landasan. Jika hendak membuat beberapa stup aturlah jarak atara stup tersebut. Sebaiknya jangan kurang dari dua meter. Atasi juga dari hembusan angin secara langsung yang mengenai stup.sebab hal ini akan kurang menguntungkan bagi peternak lebah.

Sari madu yang dihasilkan mengandung beberapa bahan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu vitamin e, vitamin h, dan vitamin b.

Selain itu madu mengandung glukosa, garam-garan mineral, protein, dan lemak. Sementara itu vitamin h di dalam sari madu bermanfaat untuk pertukaran zat putih telur, mempercepat asimilasi, serta berperan dalam pertukaran zat lemak.

Perhatikan dengan seksama setiap minggu. Setelah madunya terlihat banyak, tinggal kita ambil dan selanjutnya diperas, masukkan kedalam botol bersih. Sewaktu memeras harus menggunakan corong sebab madu terdapat pada lempengan-lempengan yang bercampur dengan tempayak ( anak dan telur lebah ).

You Might Also Like

1 komentar

  1. :) --> :)
    :D --> :D
    :$ --> :$
    :( --> :(
    :p --> :p
    ;) --> ;)
    :k --> :k
    :@ --> :@
    :# --> :#
    :x --> :x
    :o --> :o
    :L --> :L
    :O --> :O
    :r --> :r
    :y --> :y
    :t --> :t
    :s --> :s
    :~ --> :~
    :v --> :v
    :f --> :f
    :d --> :d
    :c --> :c
    :z --> :z

    ReplyDelete

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images