Obama Dendangkan "American Pie"

5:05 PM

WASHINGTON DC, MINGGU - Di bawah "tatapan" patung mantan presiden AS (mendiang) Abraham Lincoln di The Lincoln Memorial, Bruce Springsteen dan paduan suara gospel dengan penuh semangat membuka konser di Washington DC, Minggu (18/1) waktu setempat, menjelang pelantikan Presiden AS terpilih, Barack Obama.

Kerumunan orang itu menjadi histeris ketika Obama beserta sang istri, Michelle, tiba, menuruni tangga The Lincoln Memorial, dan tetap memberi dukungan dengan bertepuk tangan untuk Springsteen dan band-band yang tampil besertanya atas aksi panggung mereka yang hebat. Tidak ada karpet merah di sana, tapi perhelatan tersebut bagaikan pergelaran penganugerahan penghargaan Hollywood, dengan para bintang di atas pentas, sajian musik, bahkan penampil yang meniru sosok presiden AS yang berikut itu.

Obama selanjutnya berterima kasih kepada para pengisi konser tersebut, karena mereka tetap mengingatkan rasa cinta terhadap Amerika melalui lagu dan kata-kata. "Meskipun tugas semakin berat di depan, saya akan tetap diharapkan berdiri di sini untuk memikulnya demi Amerika--dan hal itu akan menjadi kenyataan, bahwa impian para pendiri negara ini akan tetap terwujud dalam hidup kita," tutur Obama dalam acara musikal megah tersebut, yang juga menampilkan U2, James Taylor, John Legend, dan bintang-bintang lainnya.

Banyak orang dalam kerumunan itu menyanyikan sepenuh hati lagu America the Beautiful, yang disuguhkan oleh Beyonce. Diperkirakan, jumlah penonton yang terpencar di The Lincoln Memorial dan Washington Monument mencapai setengah juta orang.

Obama, Michelle, beserta dua anak mereka, Malia dan Sasha, berikut Wakil Presiden AS terpilih, Joe Biden, dan istrinya, Jill, duduk di belakang kaca antipeluru dekat panggung yang didirikan di tangga The Lincoln Memorial.

***
Konser dimulai dengan Springsteen, yang berkostum hitam, menyajikan The Rising dengan iringan paduan suara gospel itu. Lagu tersebut dijadikan lagu tema oleh Amerika untuk aksi mereka sesudah peristiwa teror pada 2001. Setelah itu, Mary J Blige menyuguhkan Lean on Me.

Denzel Washington menjadi selebritas pertama yang berbicara dengan bertutur, "Kita semua bersama dalam hal ini." Pembicara lainnya adalah aktor Tom Hanks, yang dalam film Forest Gump beradegan menceburkan diri ke dalam kolam ketika usai membacakan pidato di Washington Monument. Ia muncul berbusana hitam dan membacakan kata-kata penghormatan yang mengharukan untuk Lincoln.

Aktor Jamie Foxx menyerukan kepada kerumunan, termasuk Keluarga Obama, untuk meneriakkan, "Kota Chicago, berdirilah!" Foxx kemudian menirukan gaya Obama.

Biden mengatakan, "Lihatlah keanggunan dan kemuliaaan yang mengelilingi anda dan anda akan melihat ini semua hasil karya Amerika."

Massa kemudian mengangkat tangan mereka untuk menyambut bintang country Garth Brooks, yang membawakan Shout dengan meriah, didukung oleh paduan suara yang megah yang mengenakan jaket merah dan biru untuk menghalau rasa dingin.

Obama lalu mendendangkan American Pie dan puncaknya disambung oleh vokalis folk berusia 89 tahun, Pete Seeger, yang membawakan This Land is Your Land.

Kerumunan orang, termasuk Obama dan Biden, turut bergoyang ketika Stevie Wonder, Usher, dan Shakira meluncurkan lagu lama Stevie Wonder Higher Ground.

Sheryl Crow dan will.i.am menyanyikan One Love dan pegolf Tiger Wood, yang anak seorang anggota militer AS, mendorong massa untuk mengingat betapa hebatnya pengorbanan para keluarga militer.

You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images