Sejarah Kelam Valentine

1:01 PM

Bentar lagi valentine, sebelum nyampe valentin lihat sejarahnya, yhuuuk……

1. Asosiasi pertengahan bulan Februari dengan cinta dan kesuburan sudah ada sejak dulu. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.


2. Di Roma kuno,15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus menyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapapun yang mereka jumpai, terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karna percaya bahwa dengan itu mereka akan dikaruniai kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.


3. Hari Raya Gereja. Menurut Ensiklopedi Katolik (Catolic Ensyclopedia 1908) nama Valentinus paling tidak bisa merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda :


a. Seorang pastur di Roma.
b. Seorang uskup interamna (moderen Turki)
c. Seorang martir di provinsi Romawi Afrika


Kaitan antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romatis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius II, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini, namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan Santo Valentinus. Santo Valentinus adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya, tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi Cinta Kasih Kristiannya. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius II sengaja menetapkan hari ini untuk mengungguli hari raya Luparcalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.


4. Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, dimana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari dimana ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris pertengahan ternama, Geoffery Chauce.


5. pada abad pertengahan juga milai beredar lgenda-legenda tentang Santo Valentinus, antara lain :


Sore hari sebelum Santo Valentinus akan gugur sebagai martir (mati syuhada), ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikan kepada sipir penjaranya yang tertulis “Dari Valentinusmu”.


Ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh Kaisar Claidius II, Santo Valentinus secara rahasia membantu menikahkan mereka.


Galz,
Sekarang kamu udah tahu, lho. Paham sejarah dan tahu seluk beluk valentine. So, kamu lebih tau apa yang harus kamu lakukan………...
o Valentin bukan tradisi islam
o Valentin bukan tradisi bangsa, jadi buat apa dipeliharaa??? *mang hewan peliharaan… dipelihara segala…





Let’s say… um, no more valentine?!






You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images