Symantec Umumkan Tren Keamanan yang Perlu Dicermati Pada 2009

12:58 PM


Symantec baru-baru ini mengumumkan tren keamanan yang perlu dicermati pada 2009.

- Ledakan Varian Malware. Serangan terbaru termasuk jenis-jenis malware baru yang terdiri dari jutaan serangan terpisah yang menyebar sebagai sebuah malware inti. Hal ini menciptakan jenis-jenis malware unik yang jumlahnya tidak terhingga. Data sensor yang diperoleh melalui Symantec Global Intelligence Network juga menunjukkan kita telah mencapai sebuah titik infleksi. Saat ini lebih banyak program berbahaya yang dibuat daripada program legal.

- Ancaman Web Tingkat Tinggi. Ketika jumlah layanan Web meningkat dan browser terus mengalami konvergensi menjadi standar interpretasi yang seragam untuk bahasa penulisan, Symantec memperkirakan jumlah ancaman serangan-serangan baru yang berbasis Web akan terus meningkat.

- Krisis Ekonomi. Krisis ekonomi global akan menjadi basis dari banyak serangan baru. Hal ini termasuk serangan phising (contoh: tema palsunya mungkin seputar penutupan sebuah bank tertentu). Demikian juga, serangan-serangan semacam ini mungkin akan menggunakan kegiatan penipuan jenis lain seperti isu-isu ekonomi dengan melibatkan e-mail yang menjanjikan kemudahan memperoleh kredit atau pembiayaan. Diperkirakan akan terjadi peningkatan scam yang mengarah pada orang-orang yang rumahnya disita, peningkatan scam ‘bekerja dari rumah’ yang membidik para penganggursn, serta peningkatan spam yang meniru situs lowongan pekerjaan.

- Jaringan Sosial. Di 2008, kami melihat adanya peningkatan aktivitas ancaman yang berhubungan dengan situs jaringan sosial. Serangan-serangan ini melibatkan phising untuk memperoleh akun pengguna dan/atau menggunakan konteks sosial sebagai cara untuk meningkatkan “angka kesuksesan” sebuah serangan online. - Tingkat Spam Akan Meningkat. Symantec melihat terjadi penurunan spam sebesar 65% pada 24 jam sebelum pemutusan McColo dan 24 jam sesudahnya. Diperkirakan tingkat spam akan meningkat kembali ke level 75% - 80%. Sistem komando dan kontrol akan dibangun kembali. Yang lebih penting lagi, hal ini mungkin mendorong spammer untuk terus menggunakan peer-to-peer botnet yang umumnya lebih tahan. Dalam iklim ekonomi yang bergejolak ini mungkin saja ada perusahaan-perusahaan hosting lain di seluruh dunia yang mau memfasilitasi kegiatan spam jenis ini.

- Keamanan Mesin Virtual. Teknologi virtualisasi akan dimasukan ke dalam solusi keamanan untuk memberikan lingkungan yang terisolasi dan terlindungi dari kekacauan yang terjadi dalam lingkungan general purpose operating system. Teknologi ini akan menyediakan lingkungan yang aman untuk transaksi-transaksi sensitif seperti perbankan dan melindungi infrastruktur penting seperti komponen keamanan yang melindungi lingkungan general purpose operating system.



You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images