Albert Einstein

3:17 PM




Einstein merupakan salah satu ilmuwan yang namanya tetap hidup karena karyanya yang luar biasa. Einstein mengubah konsep dasar yang telah berlaku sebelumnya. Einstein merupakan peletak dasar teori-teori fisika abad XX.
Albert Einstein dilahirkan pada tanggal 14 maret 1879 di Ulm, Jerman. Kecintaanya pada musik yang menjadikan kebutuhan baginya, menyebabkan ia menonjol pada kursus biola ketika ia berumur 6 tahun. Einstein lamban dalam berbisara tetapi sangat hebat dalam belajar sendiri. Pada usia 12 tahun Einstein telah belajar sendiri tentang kalkulus dan pada umur 13 tahun ia sudah membaca karya Emmanuel Kant, Pembahasan Tentang Dalil Murni. Enstein duka membaca buku-buku liberator yang berat, seperti matematika, fisika, dan filsafat.
Pada umur 15 tahun, Einstein mencoba untuk masuk Federal Institute of Technology di Zuric, Swiss. Berhubung tidak mempunyai ijasah sekolah menengah atas, ia harusmenempuh ujian masuk. Einstein gagal dalam bahasa modern, ilmu hewan, dan botani, mata pelajaran yang tidak diperoleh di Munich. Namun, Einstein menunjukkan keistima\ewaanyua dalam matematika dan fisika sehingga diperkenankan masuk setelah belajar satu tahun. Prestasinya di perguruan tinggi sangat hebat.
Einstein bekerja sebagai ahli teknik pada kantor paten di Swiss di Bern. Untuk menyelesaikan proyek-proyeknya sendiri atau sayarat-sayarat untuk memperoleh gelaryna Ph.D-nya. Selama 7 tahun bekerja dikantor paten, ia menerbitkan berbagai makalah penting. Pada tahun 1905 ia berhasil menerbitkan empat buah, yangkemudian membuatnya menjadi terkenal. Salah satu mekalah itu membahas tentang teori relativitas yang sangat terkenal.
Meskipun karya-karyanya mambawa kemashuran internasional, sampai tahun 1911 ia tidak memperoleh jabatan akademis. Pada tahunn 1913 Einstein memperoleh jabatan penelitian pada Keiser Wilhelm Society di Berlin sekaligus merangkap jabatan guru besar pada Universitas Berlin. Pada tahun 1921, Einstein memperoleh hadiah Nobel.


You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images