Hal-Hal Kecil

10:45 AM




Saya percaya, hal-hal kecil bisa merubah seseorang. Perubahan itu tidak selalu dimulai oleh sesuatu yang besar. Saya juga percaya, beban kehidupan juga bisa merubah seseorang, apalagi kelapangan hidup, kelezatan hidup lebih bisa lagi merubah seseorang. Tentu saja, saya juga percaya, bahkan perasaan2 sedih, galau juga bisa merubah seseorang, apalagi perasaan bahagia dan senang.

Kita semua memiliki kekuatan. Setidak berdaya apapun kita, semenyebalkan situasi yang sedang kita hadapi, tidak bisa kemana2, mentok, frustasi, sementara banyak sekali mimpi, banyak sekali harapan, cita-cita yang dimiliki, tapi terbentur tembok di sekitar, maka kita semua memiliki kekuatan. Hal-hal kecil, jangankan kita manusia, sebesar semut pun memiliki kekuatan untuk merubah banyak hal. Maka, teruslah punya rencana, lakukan yang bisa dilakukan dengan segala keterbatasan, besok lusa, akan terbuka kesempatan yang lebih baik. Yakin.

Beban kehidupan yang kita pikul juga bisa menjadi sumber kekuatan. Kata siapa itu hanya menjadi beban, membuat lambat bergerak, membuat tidak beranjak. Tidakkah orang2 tahu, banyak penulis2 terbaik datang dari orang dengan beban hidup berat. Pemimpin2 tersohor, muncul dari beban kehidupan berat, dihantam kerasnya hidup, dia tidak punya pilihan selain mengambil tongkat kepemimpinan. Bahkan pahlawan2 mahsyur, banyak yang lahir dari situasi penuh beban. Tidak bisa menghindar, maka meski dengan kaki gemetar, meski dengan air mata tumpah, memutuskan berdiri gagah, nothing to lose, toh hidup ini juga pasti mati. Mari lakukan yang terbaik. Tertawa bahagia menyambut esok pagi.

Saya selalu percaya, bahkan kesedihan bisa menjadi sumber kekuatan. Kesedihan yang dikendalikan, kesedihan yang memunculkan energi. Berjanji dalam senyap akan terus berbuat baik. Berjanji dalam sesak akan terus memperbaiki diri. Itu semua bisa menjadi sumber kekuatan merubah diri sendiri, pun termasuk merubah dunia.

Maka, my dear anggota page, seberapa dalam kita memegang keyakinan tersebut? Karena apapun yang akan terjadi di sekitar kita adalah refleksi dari keyakinan yang kita miliki. Kita yakin, akan besar dampaknya. Kita tidak yakin, maka selangkah pun tidak akan ada perubahan.

Jadi mulailah punya rencana, melakukan apapun yang menurut kita baik dan bisa dilakukan. Tidak mengapa kalau sekarang masih gentar, tidak mengapa kalau masih sering ragu, cemas, bahkan gugup. Tapi esok lusa, setiap kalender berganti tanggal, kita terus maju. Tidak apa lambat kayak penyu, tapi maju. Kita akan takjub, setelah waktu melesat cepat, menatap kembali perjalanan di belakang, bahwa sudah banyak hal yang bisa kita lakukan.

Saya selalu percaya, hal-hal kecil selalu memiliki kekuatan. 

________
*tere liye

You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images