One Piece Indonesia Review + Download Completed Chapter 730 -3 Kartu!-

10:01 PM


download dimari
Review dari bung Tonyohoho
3 Kartu! Chapter 730 merupakan chapter yang sangat suppa! xD Simply Awsum. OPIC tentu saja. Dan seperti biasa kita akan bahas chapter ini secara lebih mendalam. Sedikit bentrok antara Zoro melawan Fujitora cukup memuaskan penggemarnya. Terombang ambingnya keputusan (galau) para kru yang berada di atas Sunny tentang kemana mereka harus menuju terjadi karena rentetan peristiwa mengejutkan berlangsung dalam sekejap. Oda memainkan kartu tersembunyi lainnya, dia memunculkan Kapal BIG MOM! Expect the unexpected! Siapa yang mengharapkan hal ini terjadi? xD Alur cerita mengalir dengan sangat cepat dimulai chapter ini, klimaks sudah mendekati. Tunggulah kau Donquixote Doflamingo!

Ngomong-ngomong setelah membaca chapter ini masih ada yang ngotot menginginkan Law tewas?

1. Coverstory-Seutas senyum ditengah linangan air mata. "Nenek berharga bagiku!".Perubahan karakter seorang Caribou kembali diperlihatkan. Setelah beberapa saat sebelumnya dia mengabaikan si Nenek berhadapan dengan Iron Scotch Boy, sekarang dia melindunginya dari ancaman X Drake? Walaupun menurutku Drake sama sekali tidak terlihat berniat menyerang si Nenek tua, Caribou tetap saja kembali melakukan perbuatan Heroik. Sudah volume 45, cerita coverstory ini masih diulur dengan suatu tujuan. Drama picisan berkembang di 3 Coverstory terakhir karena Odacchi hanya menunjukkan emosi para karakter tanpa menunjukkan proses perkembangan cerita yang berarti. Berturut-turut dari si Nenek memberikan Caribou Pie-Kelompok Revousi menangisi kepergian Caribou-Si nenek mengingat momen heroik Gabulu, stagnan! Apakah kita (atau hanya aku?) terlalu berharap sesuatu yang relevan terjadi di Coverstory ini? xD Kita tunggu saja kelanjutannya.

Ngomong-ngomong simbol X di baju Caribou dan di dada X Drake terlihat serupa. Tapi mungkin sederhana itu hanyalah lambang tulang yang silang, lambang bajak laut yang umum. Ataukah ada arti yang lebih dalam dari itu?

2. Hanya memberitahukan kebenaran, tanpa trik tanpa tipu daya. xD Sedikit ironi karena hal itu dilakukan oleh Mastermind sejati licik bernama Doflamingo! Tapi memang dia tak perlu melakukan apa-apa di situasi ini.

"Maaf untuk semua kekacauan yang terjadi. Orang ini adalah Shichibukai Trafalgar Law. Dia adalah pelaku dibalik peristiwa salah cetaknya berita pengunduran diriku pagi ini. Dia berusaha merenggut kekuasaanku.. Tapi sudah tak perlu cemas.. Aku telah melenyapkan ancaman ini."

Walaupun tak seekstrim "Law ingin merebut tahta" tapi yang diucapkan Doflamingo secara garis besar adalah kebenaran. xD Dia jujur kepada rakyatnya kalau Law lah yang memintanya mundur dari Shichibukai, yang otomatis juga mengharuskannya mundur dari tahta Dressrosa. Law adalah seorang ancaman nyata. Dan Law lah penyebab semua kekacauan yang terjadi.

Hanya ada satu kalimat optimis yang seharusnya tak terucap oleh Doflamingo kepada rakyatnya untuk saat ini. "kalian sudah tak perlu cemas..". OOOOOUUU. xD Kalian masih harus cemas! Doflamingo masih harus cemas! Serangan balasan akan segera dilancarkan. Orang-orang yang marah sedang merangsek ke arahmu Doflamingo. Dengan semangat berapi-api.

3. Belep Belep. Sambungan Den Den Mushi masih belum terputus, seluruh anggota topi jerami memahami situasi pelik yang sedang terjadi. Trafalgar Law dibantai! Tanpa pikir panjang Zoro dan Kinemon merangsek ke arah Doflamingo! lol. Tak ada kata takut di kamus Monster Trio siapapun musuh yang dihadapi.

Doflamingo langsung mengetahui identitas dua orang yang sedang menuju ke arahnya. Si Pemburu Perompak dan Si Rubah Api. Menarik saat Doflamingo menyebutkan Momonosuke secara khusus di situasi seperti itu. Zoro berpikir Doflamingo mungkin ingin membuat Kin bimbang dengan menyebut nama Momo, dan langsung berkata "Jangan biarkan dia mengelabuimu. Tak ada tawar-menawar dengan dirinya."

Laksamana Madya Bastille melihat pergerakan Roronoa, memutuskan untuk melakukan sesuatu. Tapi rupanya Fujitora sendiri yang memutuskan untuk turun tangan.. "Hold Your Position". Tanpa memalingkan wajah seolah-olah tahu Fujitora akan menghalau serangan Zoro, Doflamingo menyeringai dengan santai. Dan bentrokan yang diharapkan sejak beberapa chapter lalu akhirnya terjadi. xD

4. Admiral Fujitora versus Pemburu Perompak "Roronoa Zoro"!! Fuji yang menyerang tiba-tiba langsung menggunakan kekuatan buah iblisnya. Meletakkan medan gravitasi di bawah permukaan tanah, membuat SINKHOLE! Kacamata KW super yang dipakai Roronoa rupanya tak bisa menahan perubahan gaya gravitasi yang terlampau ekstrim. Hancur. Di bawah pengaruh gravitasi yang besar, kerja jantung akan semakin berat. Perubahan berat tubuh akan mempengaruhi laju aliran darah, akibatnya darah keluar dari mulut Zoro! That's gravity for ya...

Segera setelah membuat Sinkhole (kita sebut saja seperti itu), Fujitora langsung menghunuskan pedangnya di atas posisi Zoro terbaring. Tahu maksud pose ini kan? Yup. Penjara Gravitasi. Jurus yang sama saat Fujitora menahan pergerakan Law di Green Bit. Saat itu Law bisa lolos memanfaatkan kemampuan Ope Ope no mi. Zoro? BRUTAL FORCE!! Sangat sederhana. Murni kekuatan fisik yang dilatih bertahun-tahun (Hell, Saat Dragon dan Pasukan Revolusi singgah ke East Blue beberapa tahun silam di chapter 589, Zoro kecil bahkan terlihat mengangkat-ngangkat batu besar. lol). Latihan beban yang selalu dilakukan di kala senggang membuat Zoro masih bisa bergerak di bawah pengaruh Gravitasi besar, entah berapa kali lipat gravitasi normal. Tidak hanya bergerak, Zoro bahkan melancarkan serangan balik! First on Tenacity. xD Monsta.

Bergidik.. Fujitora kemungkinan dengan Kenbunshoku Haki-nya merasakan serangan ganas datang dari bawah. Dia berhasil menahan serangan itu dengan pedang, walau membuatnya mundur beberapa langkah. Perhatikan saat menggunakan penjara gravitasi Fujitora berada di tepi lubang, tapi setelah menerima serangan Zoro posisinya mundur menjauhi lubang.

"Sayatan terbang... Ganas sekali"

Pada poin ini kita tentu masih tak bisa mengukur kekuatan dua orang ini. Terlalu dini untuk membahas tentang menang dan kalah. Fujitora jelas sama sekali tidak terlihat menggunakan kekuatannya yang sesungguhnya. Zoro sendiri masih menggunakan 1 pedang, kita tahu kekuatan sayatan terbang Zoro semakin berkali lipat semakin banyak pedang yang dia gunakan-Dinamakan Pound Cannon. Zoro juga belum memasang bandananya (abaikan). Walaupun Zoro sedikit terluka sedangkan Fujitora tak terluka sama sekali, tetap tak bisa disangkal Zoro menunjukkan performa yang cukup membuat decak kagum di hadapan seorang Admiral bukan?

5. Di lain sisi, Kin berusaha selalu memberikan info terbaru kepada anggota lain melalui Conference Call. Terlalu lengah Doflamingo mendekat. Dengan tendangan vertikal kaki kanan yang mungkin ditambah kemampuan Ito Ito no Mi, pelipis Kin terluka.

Luffy yang berusaha membantu ternyata terhalang oleh jeruji batu laut Colosseum. Pantas saja kemarin-kemarin Luffy dan Bartolomeo yang notabane keduanya adalah pemakan buah iblis tidak memegang jeruji itu walaupun berdiri sangat dekat dengannya. xD Oda memberikan petunjuk tersembunyi sejak awal kalau jeruji itu dari batu laut. Nah.. Palingan nanti Luffy menghancurkan dinding COlosseum dengan Gear 3rd kalau dia tidak menemukan pintu keluar. Lol

Identitas Fujitora yang seorang Admiral akhirnya terekspos. xD Itu artinya mimpi buruk bukan? Robin langsung menganalisa situasi. Kalau memang seorang Admiral beraliansi dengan Doflamingo, mereka akan kalah jumlah. Musuh lebih banyak dari yang diperkirakan. Syukur saja Fujitora masih belum menentukan apakah beraliansi atau tidak. Yup. BELUM. Doflamingo menawarkan kepala kelompok Topi Jerami kepada Marinir ditukar dengan bantuan dari mereka. Semuanya akan ditentukan di Istana. Setelah percakapan antara dua Kartu Besar ini selesai.

Menarik kata-kata Fujitora di Chapter ini
"Aku takut walaupun sebelumnya kelompok kalian berbaik hati padaku.. Aku tetap harus memakan tangan yang memberiku makan. Ini semua ulah Sang Takdir"

"Memakan tangan yang memberi Makan" adalah sebuah peribahasa Jepang yang bisa diartikan adalah orang yang membalas kebaikan yang dia terima dengan keburukan. xD Seperti situasi Fujitora sekarang. lol.

6. BIG CARDS. Odacchi punya begitu banyak kartu besar yang belum dia keluarkan di Manga buatannya ini. Banyak sekali. Rahasia besar abad kekosongan, apa itu One Piece, Dimana Raftel dan Nama-nama besar yang belum dimunculkan. Setiap Odacchi memberikan informasi tentang kartu-kartu besar tersebut, reaksi para pembaca setianya bisa ditebak. Bahagia. Merinding. Bersemangat. Reaksi yang positif. Jangan dipungkiri kalian pasti merinding saat pertama kali Big Mom menunjukkan diri di balik bayangan di cerita Pulau Manusia Ikan. Pasti bergidik saat Law menyebutkan nama Kaidou 100 Beasts sebagai Yonkou incaran. Tersenyum senang saat Admiral Fujitora pertama muncul dengan menghancurkan sebagian lantai BAR. Selalu menantikan informasi terbaru tentang Abad Kekosongan. Kaget sekaget-kagetnya saat tahu Shirahoshi adalah Poseidon. Dan banyak lagi contoh lainnya yang tak bisa disebutkan semuanya.

Dan di chapter kali ini Oda lagi-lagi memainkan kartu besar lainnya. Yang aku yakin tak seorangpun bisa menebak kalau Kartu itu akan dimunculkan di chapter itu.

7. Another Big Card. ARMADA KAPAL BIG MOM MERAPAT!!! Kata pertama yang keluar dari mulutku sih "Anjriiit". lol xD Kedatangan yang megah.. dan mengancam. Dengan kapal yang bernyanyi, armada salah satu dari 4 Bajak Laut Penguasa Shin Sekai menampakkan diri. Charlotte Linlin!! Yang lebih dikenal dengan julukan Big Mom. Masih menjadi perdebatan apakah dia berada di dalam kapal atau tidak. Mari kita analisa hal mendasar ini terlebih dulu.

Saat terjadi kericuhan karena permen dari pulau manusia ikan tidak bisa dikirim, Baron Tamago berkata seperti ini.
"Pesta Teh akan berlangsung 4 hari dari sekarang. Masih sempat jika kita mengirim permennya esok hari."

Artinya? Jarak antara Pulau Manusia Ikan dan Pulau Whole Cake (tempat Big Mom bersemayam-lol) setidaknya adalah 3 hari perjalanan. Jauh! Perlu 3 hari bagi Tamago dan Pekom untuk bertemu dengan Big Mom.

Berapa lama waktu telah berlalu sejak Pulau Manusia Ikan? Yang dibawah hanya analisa kasar.

H1- Pagi-Pertemuan antara Luffy dan Baron Tamago di Pulau Manusia Ikan
H1- Siang-Anggap Topi Jerami berangkat dari Pulau Manusia Ikan adalah H1 siang.
H1- Malam-Mereka memasuki Shin Sekai di malam harinya. Saat itu suasana gelap (mungkin tidak hanya karena awan gelap tapi juga memang saat itu sedang malam).
H1- Tengah malam memasuki Punk Hazard. Sekali lagi waktu tidak jelas karena Punk Hazard cuacanya sangat buruk.
H2- Pagi sampai siang. Kejadian berlangsung cepat di Punk Hazard.
H2- Siang. Baron Tamago dan Pekom menyaksikan kekalahan Caesar dari Luffy dan memutuskan untuk menghubungi Big Mom. Jelas saat itu mereka masih belum mencapai Pulau Whole Cake. Masih hari kedua!
H2- Siang atau Sore DOflamingo menuju Dressrosa dan terjadi sedikit bentrokan dengan Aokiji, jelas hari masih terang karena saat Doflamingo melayang-layang di atas lautan harinya cerah.
H2- malam, Law dan yang lain menuju ke Dressrosa melalui jalan memutar. Memberi waktu bagi DOflamingo untuk mundur dari jabatannya
H3- Pagi, Berita mundurnya DOflamingo dari Shichibukai. Tereksposnya Aliansi Law-Luffy, Kidd-Appo-Hawkins
H3- Siang, Kelompok Topi Jerami tiba di Dressrosa
H3- Siang hari jam 3, pertukaran terjadi di Green bit.

Yang mau kupastikan di analisa di atas adalah kalau sejak berangkat dari Pulau Manusia Ikan baru 3 hari berlalu! Tamago dan Pekom yang menghubungi Big Mom pada hari kedua mungkin langsung diperintahkan memburu kelompok Topi Jerami dan merebut Caesar Clown tanpa perlu kembali ke Pulau Whole Cake. Bertemu dengan armada pasukan Big Mom lainnya yang berada di tempat terdekat, mereka menyisir perairan di dekat Punk Hazard. Dan akhirnya menemukan Thousand Sunny di perairan Dressrosa!

Dan Pesta Teh belum berlangsung. Kalau sesuai dengan analisa, Pesta Teh berlangsung di Hari keempat dengan kata lain esok hari. xD Saat itukah Bom yang dikirim (tanpa sengaja) kepada Big Mom akan meledak?

8. Kapal yang bernyanyi. Fenomena ajaib apalagi yang Odacchi tunjukkan kali ini? Kapal itu hidup! Matanya melirik kesana kemari. Ada yang mengatakan kapal itu pemakan buah iblis yang membuatnya bisa berubah wujud menjadi kapal. Tapi aku tidak berpikir seperti itu.

Possessed. Kerasukan. Menurutku salah satu Kru Big Mom mempunyai kemampuan untuk merasuki semua benda, bahkan mungkin mahkluk hidup juga. Konsepnya diambil dari banyaknya benda keramat yang memiliki kemampuan mistis dan hidup. Seperti Wayang, Jelangkung, Lukisan atau boneka terkutuk. Jadi dari jarak yang sangat jauh, dari pulau Whole Cake, seseorang merasuki kapal yang dinaiki Tamago dan Pekom, menjadikannya hidup! xD Siapa dia? Menurutku gadis bermata tiga yang muncul di chapter 651. Saat itu cairan (benda mati) yang berada di bahu kanannya bergerak-gerak sesuai dengan gerakannya. Dengan kata lain saat itu cairan itu sedang dirasuki, cairan itu hidup! lol.

Saat Pekom seolah-olah berbicara langsung kepada Big Mom di chapter ini "Mama, kami mengkonfirmasi Caesar ada disini!" sebenarnya dia sedang berbicara dengan kapal yang dirasuki. Yup! Pekom sedang memberitahukan hal itu kepada Big Mom melalui Mata Tiga yang tubuh aslinya sedang berada di Pulau whole Cake.


9. Banyak Kartu besar masuk ke meja permainan di Arc ini. xD Bayang-bayang ancaman 3 Yonkou menghantui. Kaidou jelas tersangkut paut semua tragedi. Kurohige tentunya memiliki Jesus Burgess di dalam permainan merebutkan Mera Mera. Tak disangka-sangka Pekom dan Tamago juga memasuki permainan untuk merebut Caesar Clown. lol. Apakah Yonkou ke 4 akan tinggal diam? Oh. Ada seseorang misterius yang menghubungi orang misterius lainnya beberapa chapter lalu. Hack diam-diam menghubungi seseorang. Siapa? Bagaimana kalau Hack bekerja di bawah Yonkou yang ke 4? Kalau iya. Lengkap sudah! Si Rambut Merah ikut serta dalam permainan. lol

Kemunculan armada Big Mom sendiri sepertinya akan membuat situasi semakin menuju ke arah kekacauan. Aku bisa membayangkan Kidd-Apoo-Hawkins mengintai Armada Kapal Big Mam, dan menyerang mereka secara tiba-tiba. Akankah kemunculan Kidd-Apoo-Hawkins yang bisa memberikan kesempatan Thousand Sunny untuk melarikan diri?

Dressrosa menjanjikan akhir yang tak biasa. xD

10. 3 Kartu. Nami memahami situasi. 3 kartu yang sedang diperebutkan antara Aliansi Straw-Heart dan DOflamingo adalah Pabrik SMILE, Momonosuke dan Caesar Clown. Kartu pertama belum tersentuh. Doflamingo memperkuat pertahanan di sisi ini, Lao G dan kelompoknya dikirim kesana. Kartu pertama jelas sangat penting bagi Doflamingo karena ini berkaitan langsung dengan Kaidou.

Kartu kedua adalah Momonosuke. Dengan alasan yang masih belum jelas Nami menyadari Doflamingo begitu menginginkan bocah ini. Analisaku masih sama dengan analisaku di review chapter 714, dimana Momonosuke adalah seorang keturunan bangsawan Samurai. Ayahnya, Kinemon si Rubah Api adalah calon Shogun! Di Wano sedang terjadi perebutan posisi Shogun antara dua keluarga besar samurai, salah satu dari keluarga besar tersebut mencalonkan Kinemon sebagai Shogun. (Seperti di Jepang jaman Kamakura, keluarga Taira dan Minamoto berperang memperebutkan posisi tersebut). Perang saudara antar samurai terjadi di Wano, lawan Kinemon meminta bantuan Kaidou untuk memenangkan konflik. Benar saja Kinemon dan keluarganya terdesak, meninggalkan Wano dan mencari sebuah tempat Zou. Untuk apa? Untuk meminta bantuan! xD Di tengah perjalanan kapal mereka rusak, dan berhasil menepi di Dressrosa. Hingga Kanjurou tertangkap! xD Itulah alasan kenapa Doflamingo menginginkan Momo, karena tertangkapnya Momo akan membuat konflik di Wano segera usai, kekalahan akan diderita Keluarga Kinemon. Itu pula lah alasan kenapa Momo dan Kin terlihat begitu terkejut saat mendengar nama Kaidou. Semuanya berhubungan. Betapa mengagumkan seorang Eiichiro Oda membangun plot cerita.

Kartu ketiga adalah ilmuwan jahat yang sangat populer. Caesar Clown! xD Orang ini sangat terkenal di dunia bawah. Rupanya selain berhubungan dengan Kaidou melalui SAD-nya, Caesar juga berhubungan dengan Big Mom. Pernah mengelabui sang Yonkou untuk mengkorupsi dana penelitian.. Hm.. Deadmeat

11. Semua keputusan sudah bulat. Nami tahu Law telah banyak berkorban supaya rencana tetap berjalan pada tempatnya. Saatnya mereka membalas semua kerja keras yang telah dilakukan Law. Sambil dikejar Marinir Zoro dan Kin berlari mengelilingi Colosseum sambil mencari pintu keluar untuk Luffy. Mereka mendapat tugas menghajar Doflamingo dan merebut kembali Law di Istana. Luffy tanpa pikir panjang mengabaikan Mera Mera no Mi demi temannya yang sedang sekarat.

"Kita harus bergegas. 'Suara' Law masih belum lenyap". Rupanya latihan khusus tentang Haki langsung dari Ahlinya selama 1,5 tahun membuat Kenbunshoku Luffy sangat luar biasa. Zoro saja tidak bisa memastikan kondisi Law padahal saat itu berada di posisi lebih dekat, sehingga dia atau Kin harus bertanya langsung. Saat Zoro bingung bagaimana bisa Doflamingo dan Fuji terbang, itu berarti mereka belum tahu kekuatan Doflamingo adalah Ito Ito no Mi. x_x Sanji harus menjelaskan hal ini. Terlalu bahaya saat kita tak memiliki pengetahuan tentang kekuatan musuh.

Saat menyadari munculnya kapal Big Mom, Usopp langsung menyalahkan Luffy karena telah menantang Big Mom sebelumnya. xD Tapi rupanya mereka datang kesana untuk merebut Caesar. Franky menyadari semua rencana Coup D'etat Pasukan Kurcaci akan berantakan kalau sebuah kapal Yonkou ikut-ikutan. Mereka dekat sekali! Bayangan pulau Dressrosa bahkan terlihat di belakang kapal Big Mom. Sanji harus memancing mereka menjauhi Dressrosa. Sejauh mungkin

Mendapatkan ijin langsung dari Kapten, Sanji mengambil alih kendali. Seperti kubilang sebelumnya "Tak ada kata takut dalam kamus Monster Trio", Sanji dengan begitu tenang memutuskan untuk menyerang balik Armada Kapal Yonkou! Toh Sang Kapten sudah mendeklarasikan perang kepada Yonkou yang bersangkutan. Sanji menunjukkan tajinya lagi di saat kondisi kritis. Ketenangan di atas rata-rata.

Franky, Robin dan Usopp kebagian tugas memimpin para Kurcaci untuk menghancurkan pabrik Dressrosa. Lengkap sudah.

12. Tak ada Flashback Law yang kuharapkan xD Mungkin belum saatnya. Tapi Doflamingo benar-benar membawa Law ke istana. Pertempuran memang akan terjadi di dua titik di Dressrosa yaitu Istana dan Colosseum. Marinir yang mengejar-ngejar Luffy, Zoro dan Kin di luar COlosseum bukankah akan menarik perhatian Gladiator di dalam? Kegaduhan benar-benar akan terjadi. Blok D sepertinya takkan selesai.

Apakah akan ada pertarungan ulang antara Zoro vs Fujitora di istana? Aku berharap Fujitora memilih untuk bersikap netral ke depannya, membiarkan Zoro menghadapi Pica di istana. Kinemon memiliki Gladius untuk dihadapi. Dan Luffy sudah jelas harus berhadapan dengan siapa. Kita anggap Law sudah keluar dari permainan.

Franky versus Trebol akan terjadi di Pabrik SMILE. Tag Team Battle akan berlangsung disana (masih sama dengan prediksi di reviewku sebelumnya). Aku masih bertaruh untuk Diamante versus Jesus Burgess dalam perebutan Mera Mera. x) Tapi aku sangsi kalau Burgess lah yang akan mendapatkan Mera Mera di akhir Arc ini. Ada yang lebih pantas darinya.

Sanji dan kawan-kawan akan menahan serangan Kapal Big Mom untuk beberapa saat. Cukup jauh dari Dressrosa sehingga mereka bisa menggunakan Coup De Burst untuk kabur dalam sekejap. Ataukah akan ada kapal lain yang menghampiri mereka? Aliansi Generasi terburuk lainnya? Kasian ya Sanji. xD Mungkin dengan peristiwa kali ini Zoro dan Luffy harga buronannya akan semakin menjadi-jadi. Sedangkan Sanji yang keluar dari permainan (walaupun menghadapi musuh yang tak kalah mengerikan) tidak akan disaksikan aksinya oleh Marinir! Akankah kesialan Sanji masalah Bounty ini terus berlanjut? lol

Oh Ya.. Ada Pandaman di halaman kedua.

Can this Arc get any better?

SALAM SUPPPAAAA!!!!

You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images