One Piece Indonesia Review + Download Completed Chapter 732 -Dunia Bawah Tanah-

10:13 PM


Download dimari
Review dari Bung Tonyohoho
Oke. Tiba saatnya untuk review chapter 732 yang Suppa. Ah iya.. iya. Tau deh di chapter ini tak ada Law yang sekarat, tak ada kemunculan Armada Big Mom yang mengancam, dan tak ada Sabo yang kembali pulang. Tak bisa dipungkiri setelah 3 chapter suppa Opic terakhir ekspektasi pembaca jadi begitu tinggi. Berharap Oda memainkan kartu as lainnya secepat mungkin. Walaupun mungkin banyak yang kurang setuju, aku sangat suka chapter ini. Tak banyak perkembangan yang berarti tapi fokus kepada suatu kelompok yang pasti. Memberikan pembaca sebuah ruang untuk bernafas setelah sebelumnya dibuat ngos-ngosan (barangkali. lol). Memberikan ruang lebih untuk humor yang segar yang tidak didapat di chapter-chapter sebelumnya yang penuh ketegangan. Kalian mencintai One Piece bukan hanya karena Big Mom atau Sabo bukan? xD

1. Cover. Seperti biasa setelah berakhirnya sebuah Coverstory, disusul dengan ilustrasi yang didasarkan permintaan pembaca. Permintaan ilustrasi Taz-San dari Kyoto, meminta Odacchi untuk menggambarkan sebuah adegan dimana Luffy sedang bermain 'bendera pantai' dengan seekor kadal. xD Lol. Perhatikan piala juara satu yang isinya daging semua. Tak perlu panjang lebar membahas Art-Request ini, karena memang tidak relevan dengan cerita. Hanya mau mengatakan, jangan mengira Art Request sama dengan Coverstory. Art Request hanya ilustrasi random yang tidak ada hubungannya dengan cerita. Dan kita akan berkutat dengan Art-Request hingga beberapa chapter kedepan.

2. Setelah ngerumpi panjang lebar beberapa chapter terakhir, penjelasan strategi dan kronologis seluruh kejadian di Dressrosa, pasukan Coup D'Etat akhirnya bergerak! Bukit bunga yang sepertinya berada di sisi timur Dataran tinggi tempat istana berada dijadikan titik start pemberontakan. Tujuan utama jelas seperti dijelaskan di chapter sebelumnya adalah menumbangkan Sugar dan membuat kekacauan besar di seluruh negeri karena terlepasnya sihir boneka. Aku secara pribadi menganggap beberapa panel di awal cerita tidak begitu diperlukan.

Kabu-san dan Bian memimpin pasukan melewati terowongan kecil yang menghubungkan Markas besar pasukan royal Riku dan pelabuhan dagang bawah tanah. Sepertinya dua orang pemakan buah iblis Zoan ini memang petarung terelit di pasukan Tontatta. Apalagi sepertinya mereka memiliki kendali khusus terhadap lebah dan kumbang yang dijadikan alat transportasi pasukan kurcaci. Kita akan segera melihat kehebatan dua orang ini dalam pertempuran yang sebentar lagi akan meletus. Kita sudah bahas kemungkinan kekuatan spesial dari Mushi Mushi no Mi Model Hornet dan Kumbang Bercula Satu di review chapter 718.

3. Tata letak Negeri Dressrosa kembali diperjelas. Pertama kalian bisa buka link ini. https://fbcdn-photos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/s720x720/1496636_10202119853976845_202807624_n.jpg Kalian bisa langsung ke poin no 4 review kalau kalian tidak mau ambil pusing darimana aku mendapat gambaran tentang peta Dressrosa ini. xD Tapi kalau mau ambil pusing silahkan lanjutkan baca poin ini.

Ini adalah gambaran kasar Dressrosa dan letaknya setelah dianalisa. Istana jelas berada di pusat Dressrosa. Terletak di sebuah dataran tinggi, dimana dasarnya adalah Rumah mainan dengan pintu masuk di 4 arah mata angin. Sepertinya untuk menuju istana juga harus memasuki rumah mainan bukan? Terihat ada jalan menuju ke atas. Mungkin semacam tangga spiral yang menjulang tinggi ke atas. Karena di daerah luar tak terlihat ada sesuatu yang bisa membuat orang naik ke atas.

Dimana letak Corrida Colosseum? Aku bertaruh itu ada di arah barat laut (NorthWest) istana. Saat Kota Sevio terbakar 10 tahun silam dalam tragedi "Great Fire of Dressrosa" (<-nama seenaknya bikinan sendiri) kena sorot, Colosseum terlihat sedikit di balik istana, di sisi sebelah kiri (Chapter727, Page18-19). Karena Kota Sevio berada di arah selatan istana, bisa dianalisa Corrida Coloseum berada di baratlaut.

Lanjut Kota pelabuhan Accacia. Sunny pertama kali tiba di Dressrosa menepi di bebatuan barat daya Dressrosa. Karena Accacia dekat dengan tempat itu, bisa dikatakan kota pelabuhan Accacia berada di sekitaran barat daya. Atau kalau memang Accacia sangat luas, bisa saja kota ini meliputi seluruh pesisir barat Dressrosa.

Selanjutnya adalah dimana Bukit Bunga. Franky menuju ke pintu masuk sisi timur di chapter ini. Karena dia baru saja dari bukit bunga, bisa disimpulkan bukit bunga di arah yang sama atau dekat dengan itu bukan? Yup. Bukit bunga ada di sekitaran timur Dressrosa. Bisa timurlaut atau timur itu sendiri. Kita harus ingat kalau Bukit Bunga juga seharusnya tidak terlalu jauh dengan Green Bit karena ada terowongan yang menghubungkan dua tempat ini.

Selanjutnya jelas, Green Bit ada di utara (sesuai perkataan Law di C700, P07), Kota Timur Laut sesuai namanya berada di arah timurlaut dan Kota Sevio berada di selatan.

4. Nah. Garis-garis berwarna itu adalah pergerakan seluruh karakter penting di Dressrosa sejauh ini.
Hijau Muda = Tim Negosiasi Caesar (Law, Robin, Usopp, Caesar), menuju kota timur laut. Kemudian dari sana menuju Green Bit. Setelah itu mereka tercerai berai.
Oranye = Tim Penghancuran Pabrik Smile dan pembebasan Kanjurou (Luffy, Franky, Sanji, Zoro, Kinemon). Menuju ke kota Acaccia, karena pedang Shuushui Zoro sempat dicuri Wicca, tim ini akhirnya juga tercerai berai.
Cokelat = Terpisah dari tim, Franky bersama Luffy menuju Colosseum. Kemudian bersama Soldier-San dia menuju ke Bukit Bunga tempat markas para kurcaci berada, membiarkan Luffy bertarung di Colosseum. Setelah itu dia sendirian menuju pintu masuk timur menghadapi Senor Pink
Merah = Fujitora. Setelah bermain roulette di sebuah bar di kota pelabuhan Accacia, Fujitora menonton turnamen di COlosseum. Setelahnya dia menuju Green Bit untuk bertikai dengan Law dan Doflamingo. Dengan menerbangkan kapal perang ke pelabuhan, akhirnya dia sampai ke dekat Colosseum setelah mendengar hiruk pikuk pertarungan Doflamingo versus Law. Fujitora sekarang berada di istana bersama Doflamingo.
Biru = Doflamingo. Tiba di Green Bit tepat jam 3 siang. Setelah itu bertarung sengit dengan Law di jembatan Green Bit. Berhasil mendesak Law hingga ke dekat Colosseum. Kemudian membawa Law ke istana.
Hijau tua = Terpisah dari Law. Usopp dan Robin bertemu pasukan kurcaci. Bersama mereka melalui sebuah terowongan bawah tanah menuju ke Bukit Bunga. Bertemu Franky disini. Sekarang mereka menuju ke pelabuhan dagang raksasa di bawah tanah, lagi-lagi melewati terowongan bawah tanah. lol
Kuning = Violet. Pertama kali bertemu Sanji di Acaccia. Setelah itu dia sempat berpisah dengan Sanji untuk sesaat. Kemudian bertemu lagi setelah Sanji bertemu dengan Zoro dan Wicca. Violet membawa Sanji ke kota timur laut, di dekat Green Bit. Tempat dimana kemudian Sanji meninggalkannya dengan Sky Walk. Darisana kemudian Violet menuju istana.
Ungu = Jelas tim Sunny. Setelah sempat bentrok dengan Lola di barat daya, mereka bergerak ke utara menuju Green Bit. Sebelum akhirnya Sanji dan Caesar Clown bergabung dengan mereka, membuat mereka berangkat menuju Zou.

Ada beberapa orang yang pergerakannya susah dibaca karena ngasal di arc ini, xD seenaknya. Zoro (jelas, si ahli tersesat), Kinemon (yang mondar mandir ga jelas) dan Sanji (yang teralihkan oleh Violet). lol

5. Kenapa aku membuat poin 3 dan 4? xD Karena ingin memperjelas situasi di Dressrosa sejauh ini. Untuk sekarang arah sangatlah penting. Kita tahu COlosseum mungkin ada di barat laut. Dan kita tahu mungkin jalan menuju ke istana adalah dengan memasuki rumah mainan. Jangan lupa juga Zoro punya peta rumah mainan dari Violet. xD Yup! 3 orang akan menuju ke pintu masuk arah barat rumah mainan! Luffy, Zoro dan Kinemon. Mungkin Lao G pantas melawan Kinemon? Membiarkan Zoro dan Luffy meneruskan perjalanan ke istana.

Nah. Kemudian pergerakan Violet. Kita tahu dia terakhir terlihat berada di dekat Green Bit bersama Sanji. Dan kita tahu Green Bit ada di utara Dressrosa. Dari arah utara Violet menuju ke arah istana. xD Oh sudah jelas kan? Violet akan melawan siapapun yang sekarang sedang menjaga pintu masuk utara rumah mainan? Machvise atau Dellinger mungkin?

Sayangnya karena sepertinya tak ada pergerakan dari arah selatan, penjaga pintu selatan sepertinya tidak akan menemukan lawan. Atau mungkin dia akan berpindah tempat nantinya menuju daerah yang rusuh. Siapa tahu? Tapi aku akan menjelaskan siapa kemungkinan yang melawan penjaga pintu selatan di poin terakhir.

6. Kembali ke cerita. Masalah terjadi. Kebutuhan plot yang dipoles dengan kesengajaan yang brilian. Tidak mungkin kan seorang Franky bisa melewati terowongan kecil seperti itu? Tidak mungkin kan para kurcaci mengira seorang Cyborg besar akan ikut serta dalam rencana pemberontakan? Karenanya Franky tidak bisa menyusup. Orang terhebat (sepertinya) di pasukan harus melewati jalan memutar. Sejak awal Odacchi membuat skenario dimana Fraland harus seorang diri membuat kehebohan diluar! xD lol. Dan rupanya jagoan kita menerima peran tersebut dengan senang hati. Tak ada yang lebih baik lagi sebagai umpan selain seorang Cyborg mesum bukan? Haha. Awsum.

"Ah. Akan kugunakan kesempatan ini untuk membuat onar. Dan bukankah itu justru opsi terbaik untuk kita semua? Selagi aku mengalihkan perhatian mereka.. Kalian bisa bergegas menumbangkan Sugar."

Kegirangan, Suppa Franky menikmati perannya sebagai pembuat kehebohan. xD Memang peran yang sangat pantas untukknya! Sejak tiba di Dressrosa orang ini begitu gatal untuk segera meledakkan pabrik Smile. Haha. Menuju ke pintu sisi timur, salah satu opsir keluarga Doflamingo telah menunggu disana. Semula identitas Franky tidak dikenali, hingga akhirnya anak buah DOflamingo menyadari dagu belah tiga khusus yang dimilikinya. xD Cyborg Franky telah terodentifikasi!

Disini kembali dijelaskan bagaimana saat malam hari para mainan akan dipaksa bekerja secara romusa hingga subuh. Sepertinya diterapkan sistem kuota, jika mereka tidak bisa bekerja sesuai kuota mereka takkan dibiarkan kembali ke permukaan sekedar bersua dengan keluarga mereka, melainkan akan dikirimkan ke ruang pembuangan. Tempat dimana para Gladiator yang kalah terjatuh sebelumnya. Bisa dibayangkan selelah apa sebenarnya para mainan ini? Usopp bahkan mengomentari hal itu secara khusus. Aku bahkan tidak mengerti kapan para boneka ini istirahat. Mungkin mencuri waktu di siang hari.

8. Senor Pink. Oke. Dari segi penampilan saja sudah jelas karakter ini konyolnya berada di level yang begitu berbeda. Syal polkadot, topi bayi, dot, tank top kekecilan dengan tulisan "Let's baby", ditambah celana dalam sumo motif bintang. Tau deh ya Oda emang dewanya kalau masalah membuat karakter jelek. xD Haha. Berani sekali! Emang sih dari dulu itu salah satu poin terbaik One Piece. Karakter yang begitu beragam dan tak melulu keren. Oh ya, pedang yang 10 tahun silam dikenakannya sekarang tidak terlihat, apakah itu berarti dia memang bukan murni pendekar pedang?

Dari segi tindakan. Memakan tomat dengan gaya sok paling keren. Saat seorang gadis muda berusaha memprotes tingkahnya, berkata mungkin gaya makan seperti itu akan membuat mulutnya belepotan, dengan responsif Senor Pink 'melepas' bra gadis tersebut dan menggunakannya untuk mengelap mulutnya.

Gila bro!! OPIC! xD Apalagi reaksi gadis-gadis itu justru semakin terpesona dan 'meleleh' dengan tingkah lakunya. Adegan ini jujur mengundang kontroversi, ada yang menganggap itu lucu dan ada yang merasa terganggu dengannya. Terutama pembaca wanita sih kayaknya (Pembaca review yang cewek bisa menanggapi?). Kalau aku sih menganggap itu biasa aja, sejenis komedi biasa untuk sebuah Manga remaja cowok. Tapi lucu buatku tak berarti lucu untuk orang lainnya. Jadi tak perlu berdebat panjang lebar tentang itu. lol. Jangan pernah lupa kalau One Piece sebenarnya Manga Shonen.

Gadis-gadis seperti itu sebenarnya ada di dunia nyata. Mereka dinamai sebagai 'Groupies'. Sekelompok gadis yang begitu mengidolakan Rockstar atau orang terkenal lainnya, dan menempel orang-orang terkenal tersebut. Melakukan apa saja untuk menarik perhatiannya. Well, kalian bisa lihat di wikipedia atau google untuk pengertian yang lebih lengkap. Sensei menggunakan Groupies ini sebagai referensi untuk membuat karakter sekelompok gadis di chapter ini, dengan Senor Pink ditokohkan selayaknya seorang Rockstar. Tentu saja dia terkenal, karena dia opsir keluarga kerajaan. Bagi para gadis muda it, Senor Pink nampak seperti Rockstar yang bersinar.

9. ONE-HANDED COUP DE VENT!!! Coup De Vent (Hembusan angin kencang-Bahasa Prancis) dua tahun silam dilontarkan dengan menggunakan dua tangan digabungkan. Dan menghabiskan beberapa botol Cola. Rupanya setelah 'berlatih' selama dua tahun di laboratorium Vegapunk dan Upgrade menjadi Suppa Franky, xD Coup De Vent hanya memerlukan satu tangan kiri dengan daya rusak yang tak kalah hebat! Masih banyak yang bisa kita harapkan dari Franky tentang kreasi senjata-senjata terbarunya. Dia sudah upgrade dari BF-36 'Cyborg Tactics' menjadi BF-37 'Armored Me'. Tentu tidak hanya Radical Beam saja senjata pamungkasnya. Dan aku berharap ketergantungan Franky terhadap Cola tidak seekstrim dua tahun silam, dimana sebentar-sebentar dia akan kehabisan tenaga. Harusnya dia menemukan cara mengefisiensi penggunaan Cola dengan baik selama dua tahun bukan?

Pertarungan yang melibatkan Franky selama ini tidak hanya menjanjikan pertarungan yang mengagumkan, tapi juga pertarungan yang kocak. Melawan Nero, Fukuro ataupun Ikaros, Franky melalui pertarungan konyol xD Banyak kejadian lucu yang terjadi seperti saat Franky-Hentai-Centaurs yang terbalik, atau beberapa kali rambut Franky berubah saat Fukuro memberikannya berbagai minuman aneh. Tak bisa disangkal pertarungan antar dua orang mesum ini ke depannya menjanjikan pertarungan konyol yang luar biasa. LOL.

10. Pelatuk telah ditekan. Genderang perang telah ditabuh. Suppa Franky telah mengamuk!! AW Yeah!!! Dia masih paling Suppa minggu ini. Seluruh pasukan elit musuh memonitor apa yang terjadi. Doflamingo berkomentar bagaimana para idiot mulai mengamuk. Berucap bukannya kewajiban marinir untuk melindungi sebuah negara yang beraliansi dengan Pemerintahan Dunia. Fujitora hanya diam sambil menyerup Red Wine dari sebuah cawan Sake (ini apalagi coba xD). Diamante berkomentar dari Colosseum. Picca dalam diam memonitor dari Istana.

Trebol begitu tenang. Atau bisa juga dikatakan terlalu percaya diri. Berkata incaran topi jerami adalah pabrik smile. Mereka akan turun kebawah juga pada akhirnya. Trebol yakin kalau tak seorangpun anggota topi jerami mengetahui keberadaan sosok bernama Sugar. Berucap seolah Sugar adalah kartu truf yang tidak diketahui musuh. Oh.. Sayang sekali Trebol, Sayang sekali Doflamingo. Rupanya tak ada satu pun dari kalian yang mengantisipasi pergerakan Suku Tontatta dibawah komando Soldier-San. Tak ada seorangpun yang mengantisipasi kalau Kru Topi Jerami akan bergabung dengan pasukan Coup D'Etat tersebut. Tak ada seorangpun yang mengantisipasi kalau mereka telah tiba di jalur bawah tanah. Dan tak ada seorangpun yang mengantisipasi kalau mereka semua sudah tahu tentang keberadaan Sugar. Mungkin-hanya mungkin-jika Violet tidak membelot, dia bisa tahu pergerakan Suku Tontatta sekarang ini. Sayang sekali kalian telah kehilangan anak buah yang sangat sangat berguna.

Jadi bersiaplah kalian.

11. Struktur organisasi Keluarga Doflamingo terkuak. Di Dressrosa, dikepalai oleh 3 Opsir Elit, ada 10 opsir yang memiliki total 2000 anak buah. Pica mengomandoi Unit Operasi Spesial dengan 3 opsir yaitu Baby 5, Buffalo dan Gladius. Diamante mengomandoi Pasukan Petarung dengan 4 opsir Lao G, Machvise, Senor Pink dan Dellinger. Terakhir Trebol mengomandoi tim dengan kemampuan spesial dengan 3 opsir Sugar, Violet dan Jola. Sedangkan bertugas di luar Dressrosa ada seorang Elit Opsir yang setara dengan 3 elit opsir Dressrosa yaitu Vergo, serta 1 opsir lainnya yaitu Monet.

Dikatakan para kurcaci secara khusus Pasukan petarung yang dikomandoi Diamante memiliki kemampuan bertarung yang luar biasa. Mereka bahkan dibanggakan dengan rekor 100 persen menang setiap kali bertarung di Colosseum. Tak ada yang tahu pasti sekuat apa mereka.

Apakah Fraland akan kesulitan menghadapi Senor Pink? Soldier-san mencemaskan keadaan Fraland (so sweet), sementara Usopp sepenuhnya percaya diri terhadap kemampuan Nakamanya. Yup. Tak ada yang perlu diragukan dari seorang Super Cyborg. Franky Shogun berpengalaman pernah membantai dua Opsir langsung yaitu Baby 5 dan Buffalo di Punk Hazard. Walaupun sekarang dia tidak mengendarai Franky Shogun, dan walaupun Pasukan Petarung mungkin lebih kuat dari opsir yang lain, perbedaan kekuatan jelas tetap tak terelakkan. Aku tak ragu sedikitpun Franky akan mengalahkan Senor Pink. Pertanyaannya justru adalah bagaimana dia mengalahkannya?

Suku Tontatta dan Soldier-san hanya belum tahu sekuat apa orang-orang yang sedang membantu mereka ini, betapa bisa diandalkannya mereka.

12. Dengan 'berenang' di tanah, Senor Pink mendekati Franky dari belakang. Kekuatan buah iblis yang culas lagi? Iya lah. Kemungkinan terbesar golongan Paramecia. Semakin terbukti saja kalau seluruh Opsir Doflamingo (kecuali Vergo) adalah pemakan buah iblis. Mungkin itulah alasan kenapa Doflamingo berani menjadikan Mera Mera no Mi sebagai umpan. Karena tak satupun anak buahnya bisa memakan buah iblis tersebut. lol. Pertanyaan untuk sekarang adalah buah iblis apa yang dimakan Senor Pink?

Tak perlu berpikir ribet. Bukan logia tanah, karena Senor Pink tidak melebur menjadi tanah. Bukan kemampuan untuk melelehkan atau mengubah densitas sebuah benda karena tanah yang dilewatinya sepertinya kembali seperti semula. Simpel. kemampuan semacam Swim Swim no Mi. Kemampuan untuk berenang dimanapun, tanah bahkan mungkin udara tetapi tidak di air itu sendiri. Lagi-lagi ironi. Seolah-olah Oda mau berkata "Pemakan buah iblis memang tidak bisa berenang. Ya sudah kubuat buah iblis untuk berenang". Hampir sama saat seorang Manusia Ikan memakan buah iblis yaitu Van Der Decken, manusia ikan yang tidak bisa berenang.

Jika benar kekuatannya adalah itu, maka bisa dijelaskan saat Senor Pink merasakan ancaman Coup De Vent akan segera tiba, dia langsung menyelam jauh ke dalam tanah dengan kemampuan buah iblisnya tersebut. Kemudian muncul jauh di belakang Franky dan mendekatinya diam-diam. Sial bagi Franky punggung adalah kelemahan BF-36 'Cyborg Tactics" 2 tahun silam. Apakah daerah punggung masih menjadi kelemahan BF-37 Armored Me yang telah di-upgrade? Kita akan segera tahu saat Senor Pink menyerang Franky dari belakang nantinya.

Oh ya. Mungkin saja kemampuan buah iblis Senor Pink bisa membuatnya menyeret lawan ikut ke dalam tanah. Kemudian saat dia lepaskan lawan tersebut, tanah yang semula berbentuk liquid akan kembali solid. Menjebak Franky di dalam tanah, yang artinya itu adalah bahaya. Sangat bahaya. xD Kalau memang situasi seperti ini akan terjadi, berharap Franky punya banyak senjata dan trik baru di tubuhnya yang bisa membuatnya keluar di situasi seperti itu.

13. Ruang lebih untuk komedi. Aku tertawa saat Usopp begitu casual meminta Franky mencopot bahu dan kedua lengannya supaya bisa muat di dalam terowongan. xD Seolah-olah hal itu memang bisa dilakukan. Aku juga tertawa saat Franky mengatai Senor Pink orang mesum aneh, yang langsung dibalas keroco-keroco kalau Franky tidak pantas berbicara seperti itu. Karena dia adalah rajanya mesum. Dan aku tergelak saat Leo dan kawan-kawan kurcaci meluncurkan Usopp terlalu cepat sehingga membentur dinding!Adegan terbaik chapter ini!!!

Atribut manga terbaik tak melulu keren-kerenan bukan? Tak melulu bikin kita tegang bukan? Juga tak melulu bikin terpana bukan? Jika sebuah manga bisa membuat pembaca tergelak bahkan di situasi seserius apapun, yakinlah itu manga yang luar biasa. xD Lelucon sangat identik dengan one Piece yang seluruh karakternya memiliki kekonyolan masing-masing. Oda 'seolah' tak perlu berpikir banyak untuk membuat lelucon, karena karakternya bisa melucu sendiri. lol.

14. Memasang kacamata hitamnya, agen 007 kita yang menawan, Nico Robin mengintip ke dalam pelabuhan. Akhirnya pemandangan ruang bawah tanah raksasa diperlihatkan juga. Yup, pelabuhan bawah tanah raksasa dengan pemandangan kapal-kapal raksasa yang berjejer rapi. Haluan kapal dihiasi kepala binatang. Bebek, Jerapah dan Kuda Nil. Karena tema Kaidou yang sepertinya penuh hewan, dan lagi dia adalah klien khusus Doflamingo, wajar banyak yang mengasumsikan kalau kapal-kapal tersebut berhubungan dengan Kaidou. Barangkali mengangkut Kargo-kargo berisi Smile? Bisa jadi. Tapi jangan pernah lupakan kalau hiasan binatang sangat umum digunakan bajak laut di dunia One Piece. Sebagai contoh saja saat aliansi Shirohige mendekati Marineford (c551, P12-13) ada berbagai macam jenis hiasan kepala kapal seperti Ulat, Buaya, Banteng, Gurita, Panda dan Jerapah (yang berbeda dengan kapal yang muncul di chapter 732 ini). Jadi masih tidak pasti apakah kapal-kapal itu berhubungan langsung dengan Kaidou atau tidak.

Terlihat ada anak buah Doflamingo yang sebelumnya mencurangi Fujitora di restoran, dan orang yang diancam Franky di Acaccia. Saat itu orang ini berkata dia tak tahu apa-apa tentang pabrik. Tapi sepertinya dia lebih banyak tahu dari yang dia katakan Oh ya, mungkin ini alasan kenapa Oda menggambarkan Dressrosa dikelilingi bebatuan-bebatuan besar yang sangat tinggi. Supaya kapal-kapal besar 'dunia bawah' yang mau berlabuh di Dressrosa tidak bisa dilihat oleh penduduk sipil. Dengan kata lain di satu sisi pulau Dressrosa yang penuh dengan bebatuan tinggi ada pintu masuk rahasia menuju pelabuhan dagang dunia bawah.

Dan kembali Oh ya. Dengan kata-kata yang terucap dari mulut Koala chapter sebelumnya tentang Bawah Tanah, apakah dia juga akan berusaha menyusup kesana? Mungkin dengan memanfaatkan keributan yang dibuat Franky, Koala akan berusaha menyusup. Akankah dia menuju Pintu Selatan? Menghadapi Dellinger? Karena sampai sekarang aku tak melihat ada orang lain yang akan menuju ke Pintu Selatan. Dengan asumsi Franky vs Senor Pink (Pintu Timur), Kin_Luffy_Zorro vs Lao G (Pintu Barat), Violet vs Machvise (Pintu Utara) maka hanya Viola atau Bellamy 'Wild Card' yang bisa menuju pintu selatan, mungkin melawan Dellinger.

Dan karena Koala memiliki keahlian Khusus Fishman Karate, dimana Fishman Karate memiliki pemahaman dan pemanfaatan khusus terhadap air, aku berpikir Tag Tim Koala dan Robin akan menjadi lawan yang menyulitkan bagi seorang Trebol. Jika kita asumsikan Trebol benar-benar Logia Lateks (Review 731), Koala dengan Fishman Karate bisa mengguncang musuh logianya tersebut karena Lateks memiliki kandungan air yang sangat banyak selain partikel karet. Sebelum haki diperkenalkan, logia bisa dikalahkan ko di manga ini. Jadi tak melulu yang menguasai haki yang bisa mengalahkan Trebol di Arc ini. Menantikan saat dimana Robin mendapatkan sorotan lebih, dan Tag Tim bersama Koala sepertinya cocok untuk itu.

Ehem. Jangan lupa Kanjurou juga ada di bawah tanah.

15. Apa yang terjadi selanjutnya? Dengan kecepatan cerita seperti ini, kalau aku adalah Oda sensei (sayang sekali bukan), aku akan fokus ke Blok D yang terlupakan. Blok D berlangsung terlalu lama dan kita bahkan tidak banyak tahu apa yang sebenarnya terjadi disana. Tapi pemenang blok ini harus tetap ada, harus tetap diperlihatkan prosesnya. Memang banyak kejadian yang jauh lebih menarik terjadi di luar Colosseum, tapi di dalam Colosseum masih berisi karakter-karakter yang tak kalah OPIC terutama Burgess, Sabo, Diamante, Cavendish dan Bartolomeo. Masih menarik ditunggu sistem seperti apa yang akan diterapkan saat seluruh pemenang blok telah ditentukan. Apakah Battle Royal lagi? Atau 1 on 1 hingga bertemu Diamante di final? Yang diharapkan sih sistem yang tidak banyak memakan waktu, karena jam pasir telah dibalikkan. Waktu mulai berjalan sangat cepat. Tak ada waktu berleha-leha.

Sekali lagi Buffalo tak terlihat. Violet membelot. Jora entah dimana setelah dikalahkan. Apakah di arc ini waktu yang tepat untuk kembalinya Monet dan Vergo? Sebagai Unit Operasi Spesial, bisa jadi Buffalo sedang berada di Punk Hazard mencari jejak Monet dan Vergo bukan? Jujur saja terlalu banyak karakter di Arc ini, belum lagi karakter-karakter tersembunyi yang berada di pelabuhan dagang bawah tanah selama ini.

Sidenote : Aku masih menunggu dimana plot 'semakin cantik wanita di Dressrosa, semakin banyak mereka menikam pasangan yang membuat mereka cemburu" berperan penting dalam cerita ini. Karena sejauh ini plot tersebut belum tampak significan. xD

You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images