One Piece Indonesia Review + Download Completed Chapter 739 -Kapten-

5:43 AM

Link Download menyusul

Review by Tonyohoho blog
Salam suppa nakama semua! 739-Kapten adalah chapter yang suppa! Menyentuh! Seperti bisa ditebak sebelumnya, chapter ini sebagian besar masih berlanjug kepada Usoland dan Robiland dengan rencana SOP mereka. Sementara itu ada kilas balik singkat di pagi hari ini tentang Rebecca yang berdebat dengan Soldier-San yang melarangnya untuk mengikuti turnamen dan bagaimana Rebecca merasa misi Soldier-San tak lebih dari sekedar misi bunuh diri. Sedikit adegan Lao G versus Soldier menghiasi chapter ini ditambah adegan di Colosseum yang semakin memanas. Adegan loncat kesana kemari yang sangat khas untuk Arc Dressrosa ini kembali kita dapat setelah chapter sebelumnya yang hanya berfokus di satu tempat. Polanya jelas dari Bawah Tanah-Istana-Colosseum-Istana-Bawah Tanah. Arc yang banyak sekali adegan penting terjadi secara bersamaan sehingga sayang untuk dilewatkan masing-masingnya, bahkan sudah 9 chapter berlalu sejak terakhir kita melihat aksi Sanji dan kawan-kawan di Thousand Sunny!

Chapter ini menggambarkan berbagai hal. Tentang keyakinan penuh para kurcaci kepada seseorang yang menggungah perasaan. Tentang seorang gadis yang memiliki tekad begitu kuat walaupun baru berumur 16 tahun, dengan determinasi untuk menang di tengah keputusasaan. Tentang seorang ayah terlupakan yang berusaha melakukan yang terbaik untuk si anak. Tentang seorang sosok hebat yang hanya menjadi legenda dan karakter fiksi padahal dia nyata! Sosok yang dijadikan simbol harapan itu bukan khayalan. Dia ada! Berjuang sendirian 10 tahun terakhir! Menyalakan api harapan bagi banyak orang.

1. Ilustrasi Cover kali ini menampilkan Brook dan balon Laboon! Ilustrasi permintaan Dokuro dari Kyoto ini mengingatkan kita kembali dengan kisah perpisahan yang sedih antara dua sosok ini. Jika kalian perhatikan, salah satu ekpresi yang digambar Brook di balon tersebut adalah ekpresi menangis saat Laboon pertama kali bertemu Bajak Laut Rumbar [Chapter 486-Piano]. Paus pulau yang terpisah dengan koloninya bertemu dengan sekelompok bajak laut di West Blue. Akhirnya menjadi akrab karena tertarik dengan melodi yang dimainkan bajak laut musisi tersebut. Kisah yang berlangsung jauh sebelum Raja Bajak laut mengguncang dunia ini berakhir menyedihkan karena janji yang tidak bisa terpenuhi. Bajak laut Rumbar luluh lantak oleh sekelompok bajak laut lain di Segitiga Florian! Janji untuk bertemu kembali yang membuat seseorang kembali dari dunia kematian sekedar untuk memenuhinya! Kita akan melihat di akhir cerita ini bagaimana Brook akan membawakan "Lagu Kehidupan" yang terekam dalam Tone Dial saat bertemu dengan sahabatnya yang telah setia menunggu selama 52 tahun. Lagu kehidupan yang dilantunkan di saat-saat akhir Bajak Laut Rumbar!

Balon Laboon digambarkan Oda dengan berbagai ekspresi di cover kali ini. Walaupun tidak dengan codet dan gambar jelek Luffy yang ada di kepalanya. Sepertinya Brook tidak tahu kalau Luffy telah mencoret-coret Paus kesayangannya. xD Haha. Overall ini ilustrasi favoritku sejauh ini. Awsum.

2. Masih di Bawah Tanah. Hantaman kapal Galeon berkepala itik menghujam ke menara Eksekutif. Tak kentara membuat semua orang yang berada di dalam menara terkejut, termasuk Sugar! Pertarungan antara Kurcaci vs Kurcaci boneka terhenti. Seluruh pelabuhan menyaksikan kemarahan Trebol telah meruntuhkan menara eksekutif. Syukurlah tiang tengah bangunan tidak ikut runtuh, karena disitu ada lift khusus untuk para Opsir. Yang selalu kuasumsikan akan dipakai Sugar untuk mengamankan diri ke Istana. Meninggalkan Trebol sendirian menghadapi Usoland dan Robiland di bawah tanah. Sugar masih tak terlihat akan segera tumbang!

Segera setelah situasi mereda, kondisi terakhir masing-masing pihak bisa kita saksikan. Trebol telah kembali berada di dekat Sugar, dan dia berhasil memerangkap seluruh Kurcaci! Bahkan kurcaci yang menjadi boneka beruang juga ikut terperangkap. Sementara itu Robin barangkali dengan kemampuan Hana Hana no Mi menemukan posisi Usopp yang tertimbun reruntuhan dan menghampirinya. Sedikit auto-focus ke panel saat Robin menunduk di reruntuhan. Nice Point of View Odacchi! Opic! Haha. Ah sepertinya tengkorak hidung Usoland lagi-lagi mengalami keretakan. Dan itu sudah biasa. Karena panel berikutnya hidungnya sudah baik-baik saja.

3. Aku menyorot adegan saat dimana Sugar menendang Trebol dengan kesal! Awsum. Loli ini sepertinya marah karena Trebol secara sembarangan melempar kapal besar ke arahnya. Memang hal yang tidak akan dilakukan orang normal sih. Trebol yang meledak-ledak (bahkan secara harfiah) apakah memang cocok menjaga Sugar yang begitu vital perannya dalam strategi Doflamingo?

Leo sepertinya diakui sebagai pemimpin kurcaci, dia yang diinterogasi. Karena kepolosan yang merupakan sifat dasar ras yang satu ini, Trebol dan Sugar akhirnya mengetahui keterlibatan Usoland dan Soldier-San dalam rencana mereka. Pertanyaannya adalah apakah Keluarga Doflamingo akan mengenali siapa itu Usoland? Selain Usoland bukan merupakan nama asli Usopp, khalayak lebih mengenal sang sniper sebagai Soge King! Jangan-jangan Trebol akan membayangkan seseorang yang sangat hebat sedang membantu mereka? haha. Untungnya Leo tidak menyebut nama Robiland kali ini. Memang sih Trebol di chapter kemarin sudah mengetahui keterlibatan Kelompok Topi Jerami saat nyaris berhasil menangkap Robin. Tapi setidaknya dia masih berada dalam keragu-raguan tentang siapa sebenarnya yang dia hadapi.

Oh ya. Bian dan pasukan penyengat merah jambunya tidak terlihat tertangkap. Entah sedang mondar mandir dimana mereka.

4. Elemen lengket yang dihasilkan tubuh Trebol ternyata Flammable (mudah terbakar). Sepertinya itu memperjelas apa sebenarnya Trebol. Bukah getah dari pohon karet yang sering dikenal sebagai lateks (seperti yang kuasumsikan sebelumnya), tapi cairan lain yang warnanya bening dan sangat lengket dari Pohon Damar. RESIN (Thanks to Bung @AndrieOz di twitter)! Atau lebih familiar sebagai getah damar! Karena Lateks dan Resin sama-sama berasal dari pohon, kadang-kadang keduanya salah dikenali (aku juga salah sebelumnya, haha. Harusnya Sarjana pertanian bisa mengoreksi. lol). Kalian akan menemukan kalau Resin memiliki kandungan karbon yang sangat tinggi makanya mudah terbakar dan akan menghasilkan hangus.

Oh ya. Flammable bukanlah Eksplosif. Mudah terbakar bukan berarti bahan peledak. Jika SMILEY di Punk Hazard saat dibakar akan meledak dengan daya ledak yang luar biasa, elemen lengket (Resin) Trebol sederhana hanya terbakar saja. Kalian bisa bandingkan saat Smiley dibakar api, ledakannya luar biasa menghancurkan sebuah kapal [Chapter 670-Badai Salju dengan kemungkinan Slime]. Sedangkan di chapter ini elemen lengket Trebol hanya sekedar membentuk kobaran api yang besar.

Melihat bagaimana Trebol justru memanfaatkan sifat 'mudah terbakar' itu sebagai keunggulan dalam bertarung, aku justru sangsi dia bisa dikalahkan dengan seseorang yang memiliki gaya bertarung dengan dasar api. Kesampingkan Sanji yang sudah berada nun jauh disana, Kinemon Fox Fire juga kurasa tidak akan bisa berbuat banyak dengan pedang apinya. Karena kalaupun diri Trebol terbakar diselimuti api, Trebol cukup melontarkan bagian yang terbakar ke musuh bukan? Bagai hujaman peluru api! Usopp Firebird Star menurutku juga bukanlah pilihan yang tepat untuk memenangkan pertandingan.

Sejatinya belum pasti kekuatan Trebol adalah resin. Tapi kalau benar itu resin maka kalian bisa membaca definisi berikut. Damar asli (resin) adalah Zat setengah padat yang tidak larut dalam air, tapi larut di dalam alkohol atau pelarut organik lainnya dan membentuk sabun dengan alkali. Mengertikan? Usopp harus menggunakan alkohol untuk melarutkan Trebol! Itulah kelemahan Trebol yang sesungguhnya! Oh. Sepertinya tak susah mencari bir atau minuman keras lainnya di pelabuhan awah tanah bukan? Ataukah Usopp punya pop green dengan tumbuhan yang bisa menembakkan alkohol? Entah bagaimana caranya Usopp dan Robin menyadari kalau kelemahan Trebol adalah alkohol, yang pasti sangat menarik melihat logia dikalahkan tidak dengan haki. Melainkan dengan kecerdasan!

5. Leo terpental ke tempat Usopp. Masih memegang tatababasco dengan erat. Usopp yang dari awal tekadnya setengah-tengah menjalankan misi ini meminta Leo untuk mundur.Tapi rupanya tekad kurcaci kecil ini kuat. Dia percaya sang kapten akan mengalahkan Doflamingo jika operasi SOP berhasil dilaksanakan. Sang kapten sedang menunggu. Tatababasco sendiri sepertinya masih akan berperan penting. Karena gumpalan cabe yang katanya paling pedas ini tak pernah lepas dari tangan Leo. Ada yang bilang Usoland akan mengambilnya dari Leo dan menembakkannya ke mulut Sugar. Bukankah itu terlalu mudah? Sugar harus terbuka lo mulutnya saat tatababasco ditembakkan? Apalagi Trebol yang super gesit ada di dekatnya. Jangan-jangan malah Trebol yang bakalan memakan Tatababasco. lol

Adegan beralih ke lantai 1 Istana. Terlihat dentingan jarum jam pada lift menunjuk ke kata 'istana'. Jam setengah lingkaran yang hanya memiliki 3 titik yaitu Istana, Rumah Mainan dan Pelabuhan. Begitu lift terbuka, Soldier-san langsung terpental keluar setelah menerima tendangan super dari kakek Lao G. Yang sayangnya sekali lagi masih belum jelas apa kekuatannya. Sempat aku berteori kalau kekuatan Lao G adalah Flash Flash no Mi yang membuatnya bergerak sekejap mata karena dia bisa memasang kacamata di sela serangan Kabu San beberapa chapter silam. Tapi sampai sekarang hal itu tidak bisa dikonfirmasi.

Sebenarnya G dalam kelistrikan melambangkan sebuah alat ukur bernama Galvanometer. Alat ini identik dengan huruf G dan tanda panah karena yang diukur adalah kuat arus listrik yang merupakan besaran vektor. Pola ini sebenarnya diperkuat dengan lambang petir di baju Lao G.  Apakah memang ada hubungannya?

Soldier-San yang tumbang mengingat kembali peristiwa yang berlangsung tadi pagi di Dressrosa.

Adegan memperlihatkan bagaimana para gladiator tahanan begitu bergembira saat mendengar berita mundurnya Doflamingo. Mengatakan mereka akhirnya bisa bebas. Sedangkan suku Tontatta bersuka ria, berucap kalau mereka tak perlu bertarung lagi sekarang sementara teman mereka bisa kembali. Tapi rupanya Soldier-San ikut serta menyaksikan saat Cipher Pol 0 Aegis menyampaikan kalau berita tersebut hanyalah palsu. Cipher Pol 0 Aegis sendiri menurutku sekarang sudah meninggalkan Dressrosa. Tugas mereka hanya menyampaikan kesalahan informasi itu saja. Saat bertemu Law di dekat jembatan Green Bit, mereka sedang bergerak untuk pulang. Soldier-San berusaha menyampaikan kepada suku Tontatta kenyataan pahit tersebut. Terlihat jelas betapa tidak percaya muka kurcaci kecil mengetahui kabar tersebut hanyalah kesalahan informasi.

Segera setelah mengetahui kalau berita itu hanyalah sebuah kesalahan, para penduduk (manusia) bersuka ria. Kontras sekali dengan ekspresi para boneka di panel yang sama nampak depresi mengetahuinya. Rebecca akhirnya berdebat dengan Soldier-San. Kemarahan Rebecca karena mengira Doflamingo hanya mempermainkan mereka dengan berita palsu tersebut membuatnya membulatkan tekad. Tak ada lagi yang bisa menghalangi gadis berusia 16 tahun ini untuk mengikuti turnamen, mempertaruhkan segalanya untuk memperolah Mera Mera no Mi.

6. Kata-kata kadang lebih tajam daripada pisau. Rebecca melakukannya di chapter ini. Menghujam tepat ke ulu hati ayahnya sendiri.

"Memangnya kenapa? Kau bukan ayahku yang sebenarnya! Kau lah yang bunuh diri dengan operasi bodohmu itu! Mana mungkin kau bisa mengalahkan Doflamingo! Kau kan hanya Prajurit Mainan!!"

Becca. Becca. Kamu berbicara lantang seperti itu ke ayahmu sendir. x_x Sepertinya emosi gadis muda ini sudah mencapai titik nadir karena perlakuan keluarga Doflamingo. Keputusasaan sudah menguasai diri. Walaupun setelahnya Rebecca menyesali perkataannya tersebut, tetap saja ada hal yang tak bisa ditarik kembali begitu saja. Rebecca merasa Soldier-San berjalan menuju kematiannya sendiri dengan keputusannya ini! Nyatanya itu benar. Operasi SOP tak lebih dari operasi naif yang tak memikirkan banyak aspek. Operasi Bunuh Diri! Syukurlah takdir mempertemukan mereka dengan kelompok Topi Jerami. Kalau tidak jelas sekali operasi ini kemungkinan berhasilnya tak lebih dari 1 persen. Soldier-San bisa apa sendirian dengan sekelompok kurcaci naif?

7. Seperti kubilang sebelumnya, keputusasaan telah memenuhi diri Rebecca. Gadis yang tak pernah menyerang orang lain ini akhirnya memutuskan menyerang musuh sesungguhnya yang berada di depan mata! Dia kalap menyerang Diamante! Sepertinya melupakan kalau pedang yang dia pakai adalah pedang tumpul seperti pedang yang dipakai Ricky (kakeknya sendiri) di Blok B. Kecepatan gadis ini harus diperhitungkan karena bisa melayangkan serangan ke Diamante bukan? Ataukah sederhana Diamante meremehkan Rebecca dan menerima serangan itu dengan sengaja?

Diamante mengambil salah satu dari 5 akseseoris yang menempel di sekitar pinggangnya [Terlihat di chapter 736-Opsir Elit Diamante], ternyata itu adalah sebuah gada berduri yang dimampatkan! Hira Hira no Mi bisa digunakan seperti itu juga ternyata. Kita masih menantikan ke 4 aksesoris lainnya akan jadi senjata apa ke depannya. Menginjak kaki Rebecca agar gadis yang terkenal dengan kegesitannya ini tidak bisa menghindar, Diamante mengayunkan gada berduri. Rebecca berusaha menangkisnya dengan pedang tapi percuma. Sejak awal Diamante unggul kekuatan, jelas saja dia kena telak. Jirah pelindung kepala hancur berkeping, Rebecca rubuh ke tanah.

Muscle Melon diperintahkan Khusus oleh Lu-Sabo-Cy untuk melindungi Rebecca! Barto kaget tentu saja. Sepertinya dari tadi dia sibuk melindungi Dai-Senpai yang sebenarnya tak perlu dilindungi. Haha. Match Up ini menarik. Bisa kita nantikan Bartolomeo+Rebecca yang jago bertahan melawan Diamante. Sementara Sabo akan disibukkan dengan Burgess. Sambil masing-masing peserta mencuri kesempatan merebut Peti Mera Mera no Mi dari si nomor 01.

8. Loncat lagi. Adegan beralih ke Istana. Masih di depan Lift. Lantai yang sebelumnya normal kini bergelombang. Efek pertarungan Pica dan Luffy+Zoro+Viola di Lantai bawah B-1 tentu bisa mempengaruhi lantai F-1 yang tepat di atasnya. Dan sepertinya pertarungan semakin memanas. Sesaat perhatian Lao G teralihkan. Cukup bagi 3 orang kurcaci untuk menahan pergerakannya. Sementara Kabu-san dan Ranpo bergegas bersama Soldier-San menuju ke tempat dimana Doflamingo mereka. Seperti kata Leo sebelumnya, orang-orang ini begitu percaya kalau Soldier-San mampu mengalahkan Doflamingo!

Kita tahu kalau kurcaci adalah ras polos yang begitu mudah percaya kepada orang lain. Mudah tertipu berbagai kebohongan yang jelas. Selalu dimanfaatkan karena kepolosan mereka yang konyol. Tapi keyakinan yang mereka pertaruhkan di atas pundak Soldier-San berbeda. Sangat berbeda. Makhluk-makhluk kecil ini bersedia mengorbankan diri sekedar memberi kesempatan untuk Soldier-San untuk kabur. Makhluk-makhluk kecil ini begitu gigih berusaha mensukseskan operasi SOP yang sudah sedemikian berantakannya. Tak pernah terpikir untuk menyerah padahal tubuh mereka telah gosong terbakar kobaran api musuh yang luar biasa. Faith yang mereka taruh pada Soldier-San begitu besar. Karena mereka tahu identitas asli si boneka.

9. Sejatinya seseorang yang menjadi boneka sejarahnya akan terhapus dari dunia. Dia akan menjadi tak ada. Semua orang yang mengenal akan melupakannya. Tapi Kyros berbeda. Legendanya dicatat dalam sebuah patung perunggu megah, mengisahkan cerita kehebatan yang bertahan selama dua puluh tahun. Karena sejarah yang tercatat itu, walaupun sosok Kyros menjadi boneka, kehebatannya tetap termahsyur. Mayoritas memang telah menganggap 3000 kemenangan sang Gladiator tak lebih dari kebohongan. Mayoritas juga berasumsi Kyros tak lebih dari seorang karakter fiksi yang dibuat para Gladiator yang telah jatuh, sebagai sebuah simbol harapan untuk mereka yang terkukung oleh kekejaman. Nyatanya Kyros ada. Dia berjuang selama 10 tahun terakhir. Sendirian. Menyalakan harapan para boneka yang tak berdaya. Menyelamatkan kurcaci polos yang terjebak dalam perbudakan tanam paksa. Jiwa besar orang ini tak tertandingi. Dan kepercayaan yang diberikan para kurcaci kepadanya akan terbayar pada saatnya. Kesampingkan kehebatannya selama menjadi Gladiator, dia yang dalam wujud boneka tak kalah luar biasanya!!

Pertanyaannya adalah apakah cukup seorang Gladiator legendaris yang memenangkan 3000 pertandingan dan hanya satu kali terkena serangan mengalahkan Doflamingo? Apakah ada hal lain dari karakter ini yang belum diungkapkan oleh Oda? Yang terhapuskan dari dalam memori karena tidak ikut dicatat dalam monumen perunggu?

10. Here is The Punchline. Kyros adalah salah satu kru bajak laut legendaris Roger. Itu akan menjelaskan beberapa hal yang janggal. Kenapa Kyros bisa tinggal di pinggiran bersama Scarlet dan Rebecca. Kenapa dia bisa begitu kuat. Dan kenapa sepertinya dia ancaman pertama yang berusaha dilenyapkan oleh Doflamingo saat dia berniat menginvasi Dressrosa.

Taa-DA. Seperti biasa saatnya kita mengarang bebas. Syahdan dahulu kala, tersebutlah seorang pemuda gagah perkasa bernama Kyros. Seorang yang lahir dan besar di Dressrosa. Menghabiskan waktunya sebagai seorang Gladiator dan prajurit kerajaan. Dialah yang terkuat. Tak terkalahkan dalam ratusan pertandingan. Mungkin itu adalah cerita sekitar 30 tahun silam. Saat Kyros masih sangat muda. Kehebatannya akhirnya menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali si putri kerajaan Scarlet yang terpesona dengan kehebatannya.

Kyros yang saat itu masih berusia sekitar 20 tahunan terus menerus mencatatkan kemenangan. Hingga tiba suatu waktu, Bajak Laut Roger tiba disana. Anggap sekitaran 29-30 tahun silam. Karena Roger positif mengidap penyakit tak tersembuhkan itu 28 tahun silam [Chapter 506-Roger dan Rayleigh]. Melihat penampilan Kyros di colosseum, Roger seperti Luffy yang ceplas ceplos dan seenaknya mengajaknya bergabung. Kyros yang 'mungkin' tertarik dengan karisma orang yang mengajaknya tersebut memutuskan untuk bergabung. Walaupun banyak yang tidak setuju, Scarlet dan mungkin Raja Riku sendiri. Kyros meninggalkan Dressrosa untuk menjadi anggota bajak laut Roger, mengarungi lautan bersama.

11. Legenda dimulai. Bajak Laut legendaris itu menaklukkan lautan, Roger mendapatkan julukan baru. Raja Bajak Laut. Cerita lebih lengkap panjang lebar dituturkan oleh Rayleigh. Yang pasti adalah satu tahun sebelum Roger dieksekusi yaitu 25 tahun silam, Bajak Laut Roger bubar.

"Bagaimanapun. Atas perintah sang kapten, Bajak Laut roger segera bubar..Kami semua terpisah.. Pergi. Satu per satu mereka menghilang.. Aku bahkan tak tahu lagi kemana perginya atau apa yang sedang dilakukan nakama-nakama yang dulu kupercayakan hidupku kepada mereka"[Chapter 506-Roger dan Rayleigh]

Begitulah. 25 tahun silam (setelah 5 tahun menjadi bajak laut) Kyros kembali ke Dressrosa. Tidak mendapat sambutan hangat tentu saja. Karena dia bajak laut! Layaknya Tom yang membuat Oro Jackson, semua yang membantu Roger tidak dianggap pahlawan, melainkan kriminal. Tapi tentu saja cinta sang putri tak luluh semudah itu. Scarlet masih mencintai Kyros jadi apapun dia. Tinggal di pinggiran sendirian, Kyros tetap menjalani profesinya sebagai Gladiator. Melanjutkan legenda, melengkapi kemenangan 3000 nya yang luar biasa. Tak terkalahkan. Almighty Kyros. Semakin tak terkalahkan.

Hingga tiba saatnya dia dan Scarlet memutuskan untuk menikah. Dolde bukanlah raja picik ala sinetron Indonesia, dia orang baik. Dia sebenarnya tak begitu menentang asmara putrinya dan Kyros. Tapi tetap saja dia harus menjaga wibawa, karena pandangan seluruh penduduk terhadap Kyros sudah terlanjur berbeda. Karenanya Dolde menantang Kyros satu lawan satu. Kyros menerima tantangan tersebut. Pertarungan itulah Kyros terkena serangan. Sekali seumur hidupnya. Pedang sang raja mengenainya (Aohige berkata "Kyros only took one sword slash") [Chapter 704-Lucy dan Patung Kyros]. Tidak memberikan luka fatal tentu saja karena kita anggap Colosseum sebelum era Doflamingo bukanlah pertarungan hidup mati berdarah. Barangkali malah hanya pertarungan dengan pedang tumpul yang menggunakan sistem poin. Siapa yang kena serangan dia kalah. Satu serangan dari raja mengakhiri perjalanan Gladiator Kyros. Entah dia memang sengaja mengalah atau tidak, pertarungan itu menjadi pertarungan terakhirnya. Tepat 20 tahun silam.

Sebagai Raja yang begitu berjiwa besar, Dolde membuat patung Kyros. Patung perunggu yang memahatkan legenda yang takkan pernah terulang lagi. 3000 kemenangan. Di waktu itu juga Kyros menikah dengan Scarlet. Dolde tidak bisa merestui mereka walaupun ingin, akhirnya jadilah mereka berdua tinggal di pinggiran di padang bunga.

12. 4 tahun kemudian (16 tahun silam) Rebecca lahir. Menjalani hari normal dengan ayah ibunya dengan kehidupan sederhana. Ibunya memilih profesi sebagai penjual bunga sedangkan Kyros sebagai pensiunan gladiator mungkin bekerja sebagai pekerja kasar sehari-harinya (toh dia kuat). Damai sepertinya akan terus berlanjut hingga 6 tahun kemudian Doflamingo kembali ke Dressrosa. Dimulai dengan penyusupan Monet lebih awal, mata-mata wanita ini mengumpulkan segala informasi yang diperlukan. Termasuk keberadaan mantan salah satu kelompok bajak laut Roger disana, Kyros.

Tibalah malam yang ditentukan. Sang Mastermind mulai menebarkan benangnya. Kebakaran pertama terjadi di Sevio. Kyros, Scarlet dan anaknya Rebecca menyaksikan dari padang bunga. Segera setelah melihat situasi kritis Kyros merangsek sendirian. Kehebatannya membuatnya mengetahui perbuatan Doflamingo di balik layar. Sendirian. Menghadapi Doflamingo beserta ke 3 opsir elitnya. Nasibnya jelas? Dia kalah. Satu kakinya mungkin putus di saat ini. Karena keberadaannya yang sangat berbahaya (mungkin dalam prosesnya dia berhasil melukai Doflamingo dan anak buahnya), Doflamingo membawanya ke istana. Tempat dimana Sugar berada. Saat itulah dia menjadi boneka. Manusia pertama di Dressrosa yang dijadikan boneka oleh Sugar! Kenapa Sugar sampai bisa melupakan kontraknya? Sederhana. Menurutku Sugar belum sepenuhnya memiliki kontrol akan kekuatannya saat itu. Bukan lupa, dia hanya belum begitu menguasai kekuatannya sendiri. Ingat Luffy saat pertama makan gomu gomu? Dia bahkan tidak bisa menggunakan Gomu Gomu Pistol.

Bukti kalau Sugar adalah orang baru di keluarga Doflamingo adalah kenyataan kalau Law tidak pernah menyebutkan tentangnya. Padahal jelas sekali peran Sugar di Dressrosa sangatlah vital, dengan banyaknya boneka yang berkeliaran. Tapi tak sekalipun Law menyinggung keberadaan seseorang bernama Sugar dan kemampuannya membuat seseorang menjadi boneka. Dengan kata lain Law memang tidak tahu dia. Yang artinya sebelum Law keluar sekitar 13 tahun silam [Chapter 724-Strategi Law], Sugar belum merupakan bajak laut Doflamingo. Dia orang yang lebih baru. Lebih muda. Mungkin dia memakan buah iblisnya juga sekitaran 10 tahun silam sebelum Doflamingo mengkudeta Dressrosa (jadi umur Sugar kurang lebih umur Rebecca saja belasan tahun).

Selanjutnya kalian tahu sendiri. Setelah dijadikan boneka, di malam yang sama Kyros kembali ke tempat Rebecca dan Scarlet! Berusaha mengamankan mereka yang sedang diserang sepasukan yang dipimpin Diamante. Setelah bersembunyi selama 2 hari, Scarlet memutuskan mencari makanan untuk anaknya yang kelaparan. Tapi dia terbunuh dalam prosesnya! Dan kemungkinan besar pembunuh Scarlet adalah Diamante. Kyros menyaksikan kematian istrinya. Mengutuk diri yang tak berdaya dalam tubuh boneka.

'Bahkan aku sedikit tersentuh menyaksikan Prajurit Mainan itu menangis dan meratap seperti itu'

Kyros tak bisa menyelamatkan nyawa istrinya sendiri!!

13. Sebenarnya misteri terbesar yang masih membingungkanku adalah hilangnya salah satu kaki Soldier-San. Aku masih ragu apakah luka yang diderita seseorang saat dia manusia akan benar-benar terekam saat dia menjadi boneka. Maksudku adalah jika Kyros kehilangan satu kakinya saat menjadi manusia, apakah saat dia menjadi mainan dia juga akan kehilangan kakinya? Padahal orang-orang yang dirubah menjadi mainan bentuknya berubah total. Contoh Wanpoko berubah menjadi boneka anjing. Hack berubah menjadi boneka kedelai. Boneka-boneka itu tidak membawa ciri khas dari wujud asli mereka!

Intinya adalah aku menyangsikan kalau Kyros benar-benar telah kehilangan kakinya. Karena kalau ia, kekuatan tempurnya akan berkurang begitu jauh. Kepercayaan dirinya untuk mengalahkan Doflamingo jika dia kembali normal menjadi semakin tidak wajar. Itupun setelah kita mengesampingkan kemungkinan usianya yang sudah tua.

Makanya, sangat mungkin Kyros kehilangan kakinya justru saat dia sudah menjadi boneka. Bayangkan 10 tahun silam dia bertarung dengan keluarga Doflamingo sendirian. Setelah perlawanan yang gigih luar biasa, Trebol berhasil menangkapnya. Seketika itu juga Sugar (atas perintah Doflamingo) menjadikannya boneka. Belum sempat Sugar menyebutkan kontrak, Soldier-San memotong salah satu kaki bonekanya yang terperangkap Trebol dan kabur! Jadi jika dia kembali normal, Kyros tetap akan memiliki kedua kakinya! Asumsi ini agak bias sih, karena menurutku aneh melihat seorang karakter yang kehilangan kakinya. Kita sudah punya Zeff dulu sekali.

14. Apa yang terjadi selanjutnya? Banyak yang bisa terjadi. Goncangan kekuatan Pica sepertinya mengindikasikan kita akan melihat pertarungan Zoro versus Pica minggu depan. Usopp akan menunjukkan kehebatannya saat dia membulatkan tekad. Dia begitu luar biasa saat menghadapi Miss Merry Christmast dan Mr 4 di Arabasta. Begitu pula saat amarah menguasainya melawan Luffy di Water Seven. Ketulusan Leo dan para kurcaci akan membakar semangat Usopp. Mereka cukup mencari alkohol untuk melarutkan Trebol. lol. xD Pertanyaan sesungguhnya adalah bagaimana cara mereka mengetahui kalau kelemahan Trebol adalah alkohol. Dan menurutku Sugar akan pergi menggunakan lift khusus ke istana

Sementara itu, kurcaci yang menahan Lao G akan diselamatkan Kinemon yang memang sedang mencari Lift bersama Wicca. So.. Lao G versus Kinemon merupakan pertarungan yang sangat menarik. Aku begitu berharap minggu depan kita bisa menyaksikan Suppa Franky yang sedang dikeroyok musuh.

Kita masih menunggu saat yang tepat buat Sanji dan kawan-kawan untuk muncul. Sudah 9 chapter tanpa mereka, jangan sampai satu volume aja sih. Haha.

Bayangkan? Jika Kyros benar-benar salah satu bajak laut Roger. Bayangkan bagaimana reaksi Doflamingo saat dia kembali menjadi manusia? Gladiator dengan 3000 kemenangan tidaklah cukup untuk menggetarkan seseorang sekaliber Doflamingo, tapi tidak ada yang tak gentar jika menghadapi salah satu dari kru legendaris Roger. Tak seorangpun. Kemungkinan Kyros sebagai salah satu bajak laut Roger juga akan membuka banyak kemungkinan baru. Kita sudah setengah jalan, masa baru Ray, Crocus, Shanks dan Buggy kru raja bajak laut yang diperkenalkan? Jika benar teori kalau Kaidou adalah orang ketiga bajak laut Roger yaitu Scopper Gaban, Kyros akan menceritakan banyak hal tentangnya ke Topi Jerami bukan? Aku memang benar-benar menantikan sisa kru legendaris ini jujur saja. Mungkin teoriku agak sedikit naif. lol.

Ah. Aku tak mengatakan Luffy tak bisa mengalahkan Doflamingo sendirian. Dia bisa. Tapi mungkin dia akan nyaris tewas dalam prosesnya. Doflamingo ini orang yang mempermainkan Law dan Sanji. Dia hanya sekali terkena serangan di arc ini. Hanya sedikit goresan di pipi! Orang ini monster!! (Aku tak tau sebutan apa yang pantas untuk Kaidou yang ditakuti monster ini). Disamping itu dia penuh trik dengan kemampuan ito ito nya. Musuh yang sama sekali tak cocok untuk Luffy yang sembrono. Luffy sekali pernah pingsan karena kesembronoannya melawan Caesar Clown. Dia tak boleh seperti itu melawan Doflamingo. Karenanya jika ada kyros disampingnya, kemungkinan menang mereka akan semakin besar. Tag tim Luffy+Kyros melawan Doflamingo cukup masuk akal untuk terjadi.

Kata-kata pamungkas di chapter ini diucapkan oleh Leo
"Kalau kita mengabaikan tangisnya, negeri ini takkan terselamatkan!"

SALAM SUPPAAAA [Aku sedikit galau karena CCC berhenti menerjemahkan Manga di powermanga. Keakuratan review berkurang jika translate-nya juga kurang akurat]

You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images