Review One Piece Bahasa Indonesia 740-Kuserahkan Padamu

8:06 PM

Salam suppa nakama semua. Tentunya sudah baca chapter 740-Kuserahkan Padamu, bukan? Mari kita mulai review chapter ini dengan pertanyaan "Siapa Nico Robin'? Maksudku.. Serius. Siapa dia? Haha. Ada yang bilang dia itu Arkeolog kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Mana ada kelompok bajak laut punya Arkeolog. Ngapain coba profesi gitu di atas kapal? Ada juga yang bilang dia satu-satunya yang selamat dari insiden Ohara 22 tahun silam? Padahal kan sejarah mencatat tak ada seorangpun yang selamat dari peristiwa berdarah tersebut? Partner Mr 0 di Baraque Works? Dia pemimpin! Ga punya partner! Yang diselamatkan kelompok Topi Jerami di Enies Loby? Franky doang kan ya? Bla Bla Blaah lainnya.

Haha. cukup sekian intermezzo-nya. Lelucon yang terlalu sering dipakai akan kehilangan daya majisnya. Fans One Piece di Indonesia sepertinya kena Hobi Hobi no Mi sejak Nico Robin diubah menjadi boneka. Sebenarnya pernyataan serta pertanyaan di paragraf awal terjadi juga pada seluruh karakter di dunia One Piece yang pernah mengenal Nico Robin dalam hidupnya. Igaram contohnya. Mungkin memorinya telah terubah sendirinya tentang peristiwa ledakan di Whiskey Peak yang melibatkan Robin. Crocodile barangkali mengingat saat dirinya memimpin Baraque Works dia tidak pernah punya partner. Alasan Aokiji 'membunuh' rekannya sendiri, Jaguar D Saul di Ohara juga berubah dengan sendirinya. Dan efek itu lebih kentara terasa oleh seluruh kelompok Topi Jerami yang paling banyak berinteraksi dengan Robin! Untuk apa mereka ke Enies Loby? Siapa yang dikejar Aokiji di Long Ring Long Land? Dan lain sebagainya. Efek Hobi Hobi no Mi Sugar terlalu luar biasa! Mengubah sejarah. Meng-alter memori! Skalanya dunia. Dan ya.. Saatnya bilang OPIC!

Kesampingkan hal itu. Donquixote Doflaemon menurutku dengan luar biasa telah berhasil merebut chapter ini. Selain sisi cute Baby 5 yang menangis setelah dipelototin Law. lol. Law sepertinya sejak belasan tahun silam merupakan pribadi seram yang ditakuti Baby 5 dari kecil. Zoro vs Pica memang tak terhindari. Gladius menghentak dengan Pam Pam no Mi. Ini adalah Full-Packed Chapter. Sebuah chapter yang isinya padat tentang semua kejadian di Dressrosa. Situasi masing-masing lokasi mulai menyudutkan semua protagonist. Sudah hampir tiba saatnya Usoland mengubah situasi seketika! Semuanya sekarang berada dipundak Usoland. Beban yang berat untuk seorang calon pemberani samudera. Tapi beban itu tak perlu dia tanggung sendiri. Ada seseorang yang bisa menanggung beban itu Usopp. Ada dalam dirimu.

1. Ilustrasi Cover! Hal yang pertama menarik perhatianku adalah tulisan "Medecins Sans Frontieres". Bahasa perancis untuk "Doctors without Borders" (Doktor tanpa batasan) yang merupakan sebuah organisasi non-pemerintah (awal dibentuk di Perancis) yang beranggotakan tenaga medis dari seluruh dunia dengan tujuan kesamarataan Hak untuk memberikan pengobatan kepada seluruh umat manusia yang membutuhkan, tak peduli negara, ras, bangsa atau agama. Menurutku sentuhan luar biasa saat Odacchi menggambarkan Chopper (dokter kita) dan dua tenaga medis hewan lainnya yaitu Kuskus dan Aye Aye (ini hewan jenis apa pula) menari Hula Hawai di panggung dengan tulisan penuh makna itu di belakangnya. Selain sisi imut yang kental karena Chopper memang mewakili kata 'imut' itu sendiri, ada pesan yang dalam dibalik ilustrasi cover kali ini.

Pertunjukan Hula Chopper ditonton oleh penonton tikus. Bajak laut tikus tepatnya, yang sepertinya telah mendapatkan perawatan karena tubuh mereka penuh perban dan penutup luka. Itulah ilustrasi cover kali ini yang dipesan oleh Fujita Osamu (kukira awalnya pesulap tenar Jepang dengan nama yang sama, tapi sepertinya bukan. haha).

2. Chapter dimulai seperti yang kita tebak sebelumnya (kebetulan ternyata benar terjadi) dengan adegan Luffy dan Violet yang masih terjebak di lantai B1 Benteng. Karena kekuatan Pica, jalan manapun yang mereka pilih selalu berakhir buntu. Bukan masalah untuk seorang Luffy yang hobi mendobrak kesana kemari tentunya. Mengingatkanku pada Zoro yang pernah menerobos langsung ke atap menara pengadilan di Enies Loby karena kesasar di dalamnya. lol. Luffy juga membuka paksa jalannya sendiri.

Viola yang sekali lagi sepertinya tidak tahu sehebat apa orang-orang yang sedang bersama dirinya mencemaskan Zoro yang tinggal sendirian. 'Apakah dia akan baik-baik saja?'. Tentu dia akan baik-baik saja! Kita sedang membicarakan Roronoa Zoro disini. xD Tapi sepertinya kemampuan Pica akan cukup menyulitkan Zoro.

3. Selama ini, setidaknya sebelum timeskip, lawan yang dihadapi Zoro adalah tipe lawan yang Power-Based, yang mengandalkan kekuatan dengan sedikit trik. Zoro akan kesulitan menghadapi teknik aneh orang-orang tersebut hingga akhirnya menemukan trik baru untuk mengalahkan mereka. Pada saat menghadapi Dazz Bone, buah iblis Supa Supa no Mi membuat Zoro kesulitan menebas pertahanan musuh. Tapi dengan jurus baru Iai Sishi Sonson akhirnya dia berhasil memotong besi. Level Up pertamanya dalam seri ini. Berlanjut saat melawan Braham dan Ohm di pulau langit, Zoro kesulitan menghadapi Flash Gun Braham dan teknik berpedang Ohm dengan pedang yang bisa memanjang sesuka hati. Tapi teknik baru 'flying slash' Pound Cannon dengan luar biasa berhasil membungkam mereka berdua. Level Up kedua. Lagi. Saat menghadapi Kaku di Enies Loby, teknik Rokushiki CP9 menyulitkan semua lawan. Kaku khususnya dengan teknik andalannya Rankyaku Amane Dachi mampu membelah gedung keadilan menjadi dua. Tapi Zoro lagi-lagi menghadang dengan teknik baru. Kyuutoryu (teknik sembilan pedang)!!! Luar biasa saat Ashura Ichibugin mengabutkan serangan lawan. Menyayat musuh. Level Up lagi!! Bahkan di saat mengakhiri perlawanan Ryuuma di Thriller Bark. Dia kembali menggunakan teknik baru yaitu Hiryuu Kaen. Teknik satu pedang yang menimbulkan api pada korban tebasannya. Kreatif bukan pendekar pedang kita yang satu ini?

Tapi setelah timeskip orang ini menjadi semakin tak terbendung. Hyouzo dan Monet praktis hanya menjadi lawan bermain. Karena itulah Pica sepertinya akan menjadi orang pertama yang menguji seberapa luas kekuatan calon Pendekar Pedang Nomor 1 ini. Dari adegan di chapter ini, aku menangkap Zoro telah berusaha menyerang Pica. Membelahnya berkali-kali, tapi setelah terbelah Pica muncul di sisi lain dinding. Baik-baik saja! Kekuatan yang penuh trik lagi bukan? Bahkan kali ini lawannya bukanlah pendekar pedang. Aku merasa Pica akan menyudutkan Zoro hingga dia harus mengeluarkan salah satu teknik terbarunya. Teknik seperti apa kira-kira?

4. Adegan Pica melawan Zoro di chapter ini juga semakin memperkuat kalau Ishi Ishi no Mi bukanlah logia, tapi paramecia. Karena kalau Pica adalah logia, dia akan terluka saat Zoro memotong sembarang batu menggunakan Haki. Tapi di chapter ini tidak demikian. Zoro jelas sudah mencoba memotongnya dengan haki, tapi Pica tetap baik-baik saja. Dengan kata lain Pica 'sekedar' berasimilasi dengan batu, dia bukanlah batu itu sendiri. Logia setelah Haki diperkenalkan justru lebih mudah diserang daripada Paramecia culas yang mulai bermunculan. Berbanding terbalik dengan Trebol yang sepertinya menunjukkan sifat logia, Pica justru sebaliknya.

"Tak ada akhirnya.. Bagaimana cara melukai orang ini!?".. Nah. Sederhana sih Zoro. Langkah awal kamu sepertinya perlu membelah dua seluruh istana. Haha. Berlebihan? Mungkin. Tapi aku tak ragu Zoro bisa melakukannya. Yang pasti setelah itu dia harus menemukan inti dari Ishi Ishi no Mi ini dan bagaimana cara melukai Pica. Jangan-jangan tubuh Pica yang asli ada di suatu tempat?

Oh ya, sedikit info. Tahukah kalian kalau saat menggunakan Ittouryuu (Teknik Satu Pedang), Zoro lebih dominan menggunakan tangan kirinya?

5. Adegan beralih tepat di lantai atas Zoro berada. Lantai 1 Instana. Soldier-san, Kabu dan Ranpo yang mencapai istana terlebih dahulu menggunakan lift lagi-lagi dihadang salah satu opsir! Kali ini Gladius muncul dengan Pam Pam no Mi! Rupture Man. Manusia meletus. Dia bisa membuat tubuhnya dan segala benda mati yang dia sentuh untuk mengembang hingga meletus. Oh ya. Kata 'meletus' beda arti dengan 'meledak'. Meletus lebih tepat digunakan untuk balon dan gunung. Pecahnya sesuatu karena adanya tekanan berlebih dari dalam. Sedangkan meledak lebih dekat dengan bom, tidak selalu berhubungan dengan tekanan dari dalam. Karenanya saat ada yang bilang Pam Pam no Mi mirip dengan Bomu Bomu no Mi Mr 5, itu tidak sepenuhnya benar. Mirip tapi tetap tak sama. Mr 5 adalah bom berjalan, sedangkan Gladius sebagai manusia 'pecah' lebih kompleks kekuatannya. Pengaplikasiannya juga tak kalah rumit.

Lagi-lagi kecepatan kurcaci terlihat tak banyak berguna. Gladius bisa menangkap mereka berdua dengan sangat mudah. Dengan Pam Pam no Mi, Gladius mengembangkan jirah di kedua lengannya, kemudian dengan suatu cara melepaskan tekanan besar yang terjadi di dalam dan meletuskan udara bertekanan, menghabisi Kabu dan Ranpo. Sepertinya teknik lengan ini berbeda dengan saat dia meletuskan helmnya, karena jirah di lengannya itu tetap utuh setelah letusan terjadi. Kenapa bisa? Ataukah jirah di lengan Gladius itu berlapis-lapis? Jadi pecah satu lapis masih banyak sisanya? Berapa lapis? Ratusan.

Rupanya kecepatan Kyros dalam wujud bonekanya diremehkan. Gladius dengan mudah menangkapnya. Dan karena boneka adalah benda mati, Gladius bisa meletuskan Soldier-San! Nyaris saja si legenda hancur berkeping-keping, tapi Luffy datang menyelamatkannya.

6. Kemunculan Gladius dengan Pam Pam no Mi semakin menegaskan kemiripan antara Opsir keluarga Doflamingo dan Opsir Agen Baraque Works Crocodile. Hitung. Mr 1 (Supa Supa no Mi dengan kekuatan pertahanan mumpuni yang sudah ditembus) dan Pica (Ishi Ishi no Mi yang praktis membuatnya nyaris tak tersentuh) Miss DoubleFinger (Toge Toge no Mi membuat seluruh tubuhnya menjadi duri. Bisa dikatakan senjata ampuh untuk setiap lawan) dan Baby 5 (Buki Buki no Mi, manusia senjata yang menjadikan senjata dari seluruh tubuh) Mr 2 Bon Clay (Okama menggunakan teknik kaki) dan Dellinger (Kemungkinan Okama dengan teknik kaki yang sama) Mr 3 (Doru Doru no mi yang bisa memerangkap orang dengan lilin) dan Trebol (Beta Beta no Mi yang memerangkap orang dengan resin [mungkin]) Miss Golden Week (Anak kecil dengan kemampuan culas Colors Trap) dan Sugar (anak kecil dengan kemampuan culas hobi hobi no mi), Juga diwakili Jola (dengan art art no Mi) Miss Merry Christmas (Yang bisa bergerak bebas di bawah tanah dengan Mogu Mogu no Mi) dan Senor Pink (yang bisa berenang bebas di tanah dengan Sui Sui no Mi) Mr 5 (Manusia bom) dan Gladius (Manusia letus) Miss Valentine (dengan Kilo Kilo no Mi) dan Machvise (kemungkinan Ton Ton mo Mi)

Tersisa Mr 4 yang memang kemampuannya bukan kemampuan khusus. Dan karena opsir Doflamingo lebih banyak, jadi ada beberapa nama yang tidak bisa diikutkan. Tapi jelas sekali ada kemiripan yang disengaja bukan? Apakah ini cara Oda untuk menunjukkan kalau Dressrosa adalah Arabasta-nya Dunia Baru? Cobaan berat pertama Kelompok Topi Jerami di sisi kedua Grand Line ini?

7. Violet mengenal Soldier-San. Sinnregan tentu saja. Dia tahu bagaimana Soldier-San berjuang bersama Rebecca selama 10 tahun terakhir. Menderita. Tapi rupanya Giro Giro no Mi tetap tidak bisa menembus memori yang telah terhapus oleh Hobi Hobi no Mi. Jelas sekali Violet tidak tahu secara detail tentang Soldier-San, dia tak tahu kalau orang itu adalah Kyros sang legenda! Soldier-san sendiri sepertinya tak mau banyak bicara dengan adik iparnya tersebut. Mengatakan kalau Viola dan Dolde lebih menderita daripada dirinya.

Gladius geram. Menuduh Violet telah mengkhianati Doflamingo. Violet berdalih dengan mengatakan sejak awal dia tidak pernah berpihak kepada mereka. Pam Pam no Mi beraksi kembali. Helm Gladius mengembang. Meletus. METPUNK! Serpihan helm yang terlontar dengan kecepatan tinggi menghujam ke arah Topi Jerami dan yang lain. Violet tidak bisa menghindar dengan baik. Dia terluka. Luffy berkata dia seharusnya bisa menghalau serpihan tersebut, sayang sekali dia sibuk menghindar. Menggunakan Kenbunshoku.

Abaikan. Gladius bukanlah ancaman. Luffy yang tidak menemukan tangga di dekat situ menerobos jendela. Dengan kekuatan gomu-gomu memanjangkan kakinya, mereka tiba di lantai dua. Dan kebetulan sekali, tepat di depan aula kartu.

8. Sekali lagi kukatakan. Kinemon mencuri chapter ini dengan menjadi Donquixote Doflaemon! Hahaha. AWSUM! Dengan kemampuan buah iblisnya yang pernah diteorikan sebagai Mythical Zoal Kitsune, Kinemon dengan mudah meniru penampilan Doflamingo. Teori ini cocok karena Kitsune sebagai hewan mitos di Jepang memiliki kemampuan untuk meniru seseorang. Shapeshifting. Dan syarat untuk melakukan perubahan itu adalah dia harus meletakkan sebuah daun, batu, atau tulang di atas kepalanya. Kinemon pernah menyuruh anak-anak di Punk Hazard untuk meletakkan batu di atas kepala mereka, kemudian secara ajaib mereka mendapatkan pakaian baru [Chapter 663-CC]. Belum lagi julukan Kinemon adalah Kitsune-bi no Kinemon. Kinemon si rubah api!

Penyamaran Kinemon kali ini sebenarnya sederhana. Syukur tingginya tidak jauh berbeda dengan Doflamingo (305 cm). xD Beda sekitar 20an cm lah karena Kinemon hampir sejajar dengan Brook (277 cm). Karena dia berdiri cukup jauh, mungkin Gladius jadi keliru (selain Gladius juga idiot kaya yang lain, haha). Kinemon sempat bingung saat Gladius menyebutnya 'tuan muda', syukur Wicca ada disana. Dia memberitahu Kinemon kalau 'tuan muda' adalah julukan Doflamingo.

Oh ya. Aku sekali lagi tidak melihat akan terjadi pertarungan antara Gladius vs Kinemon. Lebih wajar jika mengatakan kalau Gladius akan tetap tertipu dan membiarkan Doflaemon pergi ke lift. Disana lawan Doflaemon sesungguhnya akan menghadang. Yaitu Lao G. Dan karena Lao G sepertinya juga idiot (Maaf menggunakan istilah ini, haha), sepertinya dia akan menemani si tuan muda gadungan ke bawah memakai lift sebelum akhirnya menyadari kalau Doflaemon adalah sosok palsu yang menyamar.

9. Kanjurou. Karakter ini lebih misterius dari kelihatannya. Apalagi Oda dalam volume One Piece terbaru, Volume 73, sengaja mengubah "desain" siluet karakter ini. Yang dulunya memiliki rambut kuncir kuda dengan cambang panjang, berubah menjadi seolah-olah menggunakan tutup kepala ala samurai. Kalian bisa melihat perubahan tersebut disini https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1/10001536_833335763348279_1643972455_n.jpg

Dan ternyata dia menghilang sejak jatuh ke dalam Tempat Tumpukan Sampah. Seperti kita ketahui, saat seorang manusia dijatuhkan kesana, nasib berikutnya adalah jelas. Dia akan menjadi boneka. Tapi karena Kinemon dan Gladius masih mengingat siapa itu Kanjurou, 100 persen orang ini belum menjadi boneka. Selain itu, tak ada tempat bersembunyi dan sulit mencari jalan keluar dari Tempat Tumpukan Sampah. Dindingnya begitu tebal, jarak ke atas sangat jauh. Orang biasa akan kesulitan keluar dari situ. Kecuali orang-orang dengan kemampuan khusus. Saat kita berbicara tentang kemampuan khusus di One Piece, itu jelas adalah buah iblis. Dengan kata lain, aku asumsikan Kanjurou adalah pemakan buah iblis. Yang membuatnya memiliki kemampuan untuk kabur dari tempat itu. Yah mungkin buah iblis zoan tipe bunglon bisa dengan mudah kabur dari tempat itu, karena bisa sembunyi dan merayap naik. lol.

Besar sekali kemungkinan Kanjurou menyembunyikan kekuatan buah iblisnya, karena keluarga Doflamingo hanya memborgolnya dengan borgol biasa. Dan sekarang dia sedang berada di suatu tempat di pelabuhan bawah tanah, bebas berkeliaran. Bingung harus berbuat apa. Oh ya, Kanjurou jugalah sepertinya sosok misterius yang kakinya diperlihatkan, saat memperhatikan Riku Dolde sedang dihormati oleh seluruh boneka di Tumpukan Sampah [Chapter 726-Keluarga Riku]. Dia adalah Wild Card di Arc ini. Jika Robin kembali lagi saat Sugar tumbang, Kanjurou bisa saja Tag tim bersama Robin melawan Trebol.

10. Adegan beralih lagi ke Luffy. Violet berusaha menahan orang ini, mencegahnya menggagalkan Rencana SOP yang telah disusun sedemikian rupa. Walaupun sepertinya Violet tidak tahu siapa itu Soldier-San, dia tetap tahu tentang operasi SOP yang telah lama mereka rencanakan. Sinnregan. Doflamingo ada disana, bersama Buffalo dan Baby 5 sedang menginterogasi Law. Buffalo akhirnya muncul, setelah menghilang sejak awal Arc ini dimulai. Entah dari mana dia. (haha)

Bingung tentu saja. Yang Doflamingo tahu, tujuan aliansi Straw-Heart sangat simpel. Yaitu meledakkan pabrik SMILE. Itu saja! Mendapat laporan dari Trebol, Doflamingo semakin bingung kenapa bisa kelompok Topi Jerami mengincar Sugar! Kenapa bisa mereka bekerjasama dengan Para Kurcaci? Kenapa mereka bisa tahu inti semua tragedi gelap Dressrosa ada di tangan Sugar? Padahal mereka baru beberapa jam menginjakkan kaki di Dressrosa! Elemen Kejut ini tak bisa diantisipasi bahkan oleh otak seorang Mastermind sekaliber Doflamingo. Pergerakan topi jerami terlalu acak! Sekali lagi Doflamingo dihadapkan kepada situasi yang berada diluar kendalinya, setelah sebelumnya Luffy berhasil keluar dari Colosseum.

Kebetulan. Atau lebih tepat dikatakan takdir yang tersamarkan. Kebetulan Robin dan Usopp bertemu Tontatta di Green Bit. Kebetulan Monbran Noland pernah kesana sehingga Usopp bisa menipu mereka sebagai Usoland. Kebetulan Franky bisa berkoalisi dengan Soldier-San di Colosseum. Kebetulan Sabo ada di Colosseum sehingga bisa menyamar sebagai Lucy. Kebetulan Bellamy mengalami pergeseran karakter sehingga membantu Luffy keluar dari Colosseum. Dan banyak kebetulan lainnya yang membuat Topi Jerami berdiri pada posisi mereka sekarang. Luar biasanya semua kebetulan itu tak ada yang dipaksakan. Semuanya mengalir alami seolah-olah itu bukan sesuatu yang dibuat-buat. Itulah kenapa aku berkali-kali bilang kalau Eiichiro Oda itu Master Story-Telling.

Tapi Doflamingo tetaplah Doflamingo. Bahkan di situasi yang sudah berada di luar kendali, dia masih berusaha mencerna semua situasi. Kondisi pelik yang terjadi sekarang tak sanggup menggoyahkannya. Kecuali nanti, setelah Usoland memutarbalikkan situasi.

11. Ada yang bertanya seperti ini kepadaku. Kenapa Doflamingo tidak merasakan keberadaan Luffy dengan Kenbunshoku haki/mantra? Sepertinya bagi sebagian orang haki menjadi sesuatu yang 'utama' di Manga One Piece. Padahal tak pernah demikian. Haki hanya sekedar tambahan! Tak pernah menjadi kekuatan utama dalam manga ini. Oda tak mau menjadikan Haki sebagai poin terpenting seperti Chakra, Reiatsu, Nen atau Magoi. Jadi saat ada yang bilang "di dunia baru, Haki yang paling utama" itu salah! Contoh paling jelas adalah kemampuan Sugar. Bahkan karakter sekaliber Don Chinjao sepertinya telah menjadi boneka bukan? Padahal dia punya Haoh lo? Haki tak banyak menolong di situasi seperti itu.

Dan ya. Jadikanlah haki sekedar pelengkap dalam pertarungan. Haki memang membuat Smoker bisa menghadapi Law di dalam Room. Hal yang membuat Tashigi tak berdaya di kala itu. Tapi Law tak mengalahkan Smoker dengan Haki saja, dia mengalahkan Smoker dengan mengambil jantungnya dengan Ope Ope no MI! Haki full body Koka ala Vergo juga tak berdaya di hadapan Super-Slash Law dengan Super-Room nya yang membelah gunung! Contoh lain, Haki membantu Luffy menangkap Caesar. Tapi Haki tidak me-negasi kemampuan Gasu Gasu no Mi. Luffy tetap kewalahan saat Caesar menghilangkan seluruh oksigen di dekatnya!

Kembali ke kasus Doflamingo di atas. Kenbunshoku yang merasakan keberadaan orang lain di sekitar tidak selalu aktif. Luffy tidak menunjukkan hawa kehadiran yang luar biasa untuk disadari oleh Doflamingo. Ya. Seorang Ray memang bisa mengetahui Luffy telah datang di Sabaody Archipelago dari jauh. Tapi itu karena dia merasakan Haki Luffy saat Luffy melancarkan Haoh-nya ke topi jerami palsu. Enel di lain sisi menggunakan gelombang elektromagnet dari Goro Goro no Mi nya untuk Mantra yang luar biasa. Di pulau manusia Ikan, Luffy, Zoro dan Sanji menyadari keberadaan Caribou, kenapa? Karena Caribou mengeluarkan aura binatang buas yang kuat saat bernafsu menculik Shirahoshi! Jika kalian perhatikan dengan seksama, kalian salah mengasumsikan kalau Kenbonshoku Haki itu sama dengan alat pendeteksi pancaran tenaga di Dragon Ball. xD

Mungkin karena tak mau menjadikan Haki sebagai sesuatu yang terpenting pula-lah Oda tidak banyak menunjukkan fungsi Haki Penakluk selain membuat pingsan orang-orang bermental lemah.

12. Franky. Memang berada di rumah mainan. Sedang terdesak oleh pasukan Marinir yang dipimpin Bastille. Sepertinya Senor Pink dan Machvise memutuskan mundur saat Marinir tiba. Karena mereka tidak terlihat, dan hampir tak mungkin mereka sudah dikalahkan. Terlalu disayangkan dua opsir sekaligus kalah dan tidak diperlihatkan, bukan? Franky rupanya cukup cerdas membaca situasi. Dia tak mau menyeret Marinir ke pelabuhan bawah, situasi akan semakin sulit untuk Usoland untuk melaksanakan Operasi SOP jika dia merusuh disana. Karena itu Franky memutuskan untuk menahan Marinir di rumah mainan. Keputusan yang menurut Usopp justru sangat tidak bijaksana, karena Operasi SOP sepenuhnya jadi berada di pundaknya. xD Haha

"Aku memutuskan untuk mengalahkan kalian semua supaya namaku semakin tenar". Sanji. Sanji. Sepertinya Franky akan menyusul harga buronanmu setelah Arc ini selesai. Ke bawah tanah. Frustasi sepertinya. Sangat-sangat frustasi. Robin yang sebenarnya adalah orang paling tenang di dalam kelompok topi jerami terpaksa melancarkan serangan bunuh diri hanya sekedar untuk menahan pergerakan Sugar. Dengan Hana Hana Robin bermaksud memberi kesempatan pada Leo untuk memasukkan Tatababasco ke mulut Sugar. Tapi rupanya Robin terlalu dekat memegang pergelangan tangan Sugar. Sugar bisa mencapainya! Hobi Hobi no Mi langsung menunjukkan kengeriannya, Robin yang berada di tempat agak jauh berubah menjadi boneka. Tak berdaya. Terlupakan. Untungnya tidak berada dibawah kontrak. Sekarang resmi Robin menjadi orang kedua yang terbebas dari kontrak Sugar setelah Soldier-San.

Tatababasco sendiri jatuh ke tangan Sugar. Masalah.

13. "Aku berharap padamu Leo! Dan kau juga, Usoland!" Soldier-San "Aku akan bertahan disini, kuserahkan sisanya padamu Usoland!" Franky "Terus maju Usopp! Hanya kau yang tersisa!" Robin "Usoland.. Tak ada lagi yang bisa kami lakukan" Leo

Kasian.. Haha. Orang paling pengecut di atas kapal sekarang berada pada situasi dimana semua orang bergantung pada dirinya. Beban yang berada di pundak Usopp sekarang luar biasa. Jadi aku tak pernah menyalahkan tindakan pengecutnya sekarang yang melarikan diri. Memang begitulah karakternya. Sudah melekat dalam diri. Dia pengecut. Itu fakta yang tak terbantahkan. Tapi berbalik melawan sifat pengecutnya tersebut, nuraninya untuk perduli terhadap teman-temannya juga tak kalah besar. Dan sepertinya itu akan terjadi lagi di Arc ini.

Spontanitas. Tindakan Usopp di chapter ini adalah keputusan kilat karena melihat situasi yang sudah tak bersahabat. Tapi takkan butuh waktu lama untuk nuraninya ikut memberontak. Ingat dulu sekali saat melawan Chuu di Arlong Park [Chapter 87-Semua Telah Berakhir]? Saat itu Usopp bisa saja kabur karena teknik pura-pura mati menggunakan Ketchup Bullet berhasil mengelabui. Tapi justru di saat itu batinnya bergejolak. Dia teringat dengan semua teman-temannya yang luar biasa. Keperduliannya akhirnya mengalahkan kepengecutan dalam diri. Dia berdiri dengan gagah berani di hadapan lawannya.

"Bajak Laut Usopp! Kaya! Lihat aku!! Aku akan menjadi bajak laut sungguhan! Aku akan bertarung! Dan akan menjadi pejuang yang hebat! Takkan adalagi kebohongan! Semua kehidupan bodoh bajak laut yang telah kujalani.. Semua lelucon bodoh bajak laut yang telah kumainkan.. Semua telah berakhir!!" [Chapter 87-Semua Telah Berakhir]

Bahkan di chapter itu juga Usopp mengatakan sesuatu yang luar biasa. "Tak masalah aku menggunakan trik curang atau apapun. Aku takkan melarikan diri lagi. Jika aku kalah, aku akan mati. Itulah cara bajak laut"

Jadi saat Usopp melarikan diri di chapter ini. Sedikit banyak dia sendiri telah mencoreng kehebatan dirinya sendiri di masa lampau. So. Usoland akan mengalami pergolakan batin tak lama lagi, dan saat itu tiba sekali lagi kepeduliannya akan mengalahkan rasa pengecutnya. Dia akan berdiri tegak. Menghadapi Sugar dan Trebol sendirian. Tak perduli menggunakan cara securang apapun, Usopp akan berhasil melaksanakan Operasi SOP. Sekali lagi, sendirian. Dalam wujud Alter-Ego.

14. Ada yang bilang Kanjurou akan membantu Usopp untuk melancarkan situasi SOP. Tapi mereka kan tidak saling kenal? Ada juga yang bilang Bian dengan sepasukan penyengat merah jambunya akan ikut menetapkan hati Usopp. Tapi menurutku tidak akan demikian, karena jika Usopp masih saja butuh teguran orang lain untuk menetapkan hatinya, maka dia akan melukai karakternya sendiri. Sekali lagi dia sendiri yang harus menetapkan hatinya!

Naa.. Naaa.. Naaa.. Here is the punchline. Soge King 2.0 akan muncul! Mungkin dengan topeng yang sedikit dimodifikasi. Haha. xD Ingat saat menghadapi Kumachi di Thriller Bark? [Chapter 465-Bajak Laut Usopp versus Gadis Misterius Perona]. Saat itu dia terdesak oleh Kumachi. Babak belur. Saat itulah batinnya berkata seperti ini...

"Yang benar saja.. Kemampuan gadis ini tak bisa dihadapi oleh yang lain.. Semua setuju kalau hanya aku yang bisa mengalahkannya.. Aku juga sudah bilang ke mereka kalau inilah saatnya bagiku unjuk gigi.. Tapi apa-apaan ini.. Ini buruk.. Sangat buruk.. Selesai sudah.. Bila terus seperti ini, gadis itu akan mengejar Luffy dan yang lain. Tamatkah semua? Harusnya aku yang menolong mereka.. Tapi ini terlalu berat untukku.. Tolong.. Tolong aku.. Soge King"

Segera setelah memakai Topeng Soge King, Usopp dengan gagah berani langsung mengalahkan Kumachi. Sifat pengecutnya masih tersisa, tapi seolah-olah memiliki kepribadian ganda dia juga menjadi lebih tenang. Lebih cerdas membaca situasi!!

Tak banyak beda dengan situasi sekarang bukan? Kalau Usopp tidak mengalahkan Sugar, semua orang akan kesulitan! Usopp tak bisa melakukan apa-apa! Dia terlalu pengecut untuk menanggung beban ini sendirian. Tapi Soge King bisa. Yup!!! SOGE KING BISA! Oda dengan jenius telah merancang situasi sedemikian rupa untuk Soge King 2.0. kembali ke atas panggung. Lagipula kan ada Marinir di Arc ini. Soge King akan mendapat bounty baru lagi!

15. Apa yang terjadi selanjutnya? Klimaks di semua titik sudah di ujung mata. Zoro akan tersudutkan oleh Ishi Ishi no Mi. Franky sudah terdesak di rumah mainan. Luffy sih jelas, dia takkan menunggu terlalu lama untuk menerobos masuk. Sendirian. Tapi Violet dan Soldier-San mau tidak mau harus ikut menerobos. Jadi akan ada sedikit pertarungan di Aula Kartu. Mungkin Luffy akan terdesak dengan kemampuan penuh trik Ito Ito no Mi Doflamingo. Penyamaran Kinemon mungkin akan ketahuan Lao G. Bisa saja Kinemon harus menghadapi Lao G dan Gladius sekaligus. Yang tersisa tinggal Colosseum. Jadi Chapter 741 minggu depan kemungkinan besar akan berfokus pada titik ini. Dirancang untuk segera mendekati klimaks.

Oh ya. 741 juga mungkin adalah chapter penutup Volume 74. Jadi harapkan sesuatu yang luar biasa terjadi di chapter itu. Karena polanya memang seperti itu. Contoh Volume 73, diakhiri chapter 731, Sabo muncul. Volume 72 diakhiri chapter 721, masa lalu Rebecca dan Soldier-San. Volume 71 diakhiri chapter 711, dimana Law dan yang lain menyadari kalau Doflamingo telah menipu seluruh dunia hanya untuk menipu sepuluh orang. Volume 70 diakhiri chapter 700 yang lebih luar biasa (baca sendiri. haha). Volume 69 diakhiri chapter 690 dengan keepikan Law membelah gunung jadi dua. Makanya situasi kemungkinan besar akan sangat memanas chapter depan. Apakah itu dikarenakan Sanji dan kawan-kawan? Kita tunggu saja.

Jujur saja. Review telat melulu akhir-akhir ini. Karena aku kesulitan memahami isi chapter! Terjemahan CCC yang begitu terpercaya tidak lagi bisa dinikmati. Terjemahan Cnet yang lumayan rilisnya lama sekali. Terjemahan Mangapanda dan Mangastream kadang begitu berbeda isinya satu sama lain. Barangkali sudah saatnya aku juga ikut pensiun nge-review One Piece. Yah.. Pokoknya SALAM SUPPAAAA!!!

Review dari bang tony

You Might Also Like

0 komentar

no sara...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images