nie sebagai penyempurna postingan lama gue yang temanya sama...

Pengertian System Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat (software) lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen peranfkat keras (hardware) serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak (software) aplikasi sepertiprogram-program pengolah kata dan web browser.

Sedangkan Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "karnel" suatu Sistem Operasi. Tanpa system oprasi sbuah computer tidak akna bias digunakan untuk apa-apa.

Sistem Operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua aplikasi program / software yang ada di komputer misalnya MS-OFFICE (untuk Windows), dan OPEN OFFICE (untuk Linux). Beberapa jenis Sistem Operasi Windows, UNIX/LINUX, DOS, OS/2. Tapi kali ini kita akan membahas satu Sistem Operasi

Fungsi System Operasi

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem Operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

Ø Sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras computer.

Ø Mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras yang digunakan dalam berbagai program aplikasi dan beberapa pengguna

Ø Ibarat pemerintah dalam suatu negara, artinya Sistem Operasi membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program komputer secara benar.

Ø Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat penggunaØ menggunakan sumberdaya yang sama, Sistem Operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumberdaya

Ø Sebagai pengontrol program yang bertujuan untuk menghindari error dan penggunaan komputer yang tidak perlu

Sejarah System Operasi

Menurut Tanenbaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

· Generasi Pertama (1945-1955). Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada Sistem Operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

· Generasi Kedua (1955-1965). Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi Sistem Operasi, tetapi beberapa fungsi Sistem Operasi telah ada, contohnya fungsi Sistem Operasi ialah FMS dan IBSYS.

· Generasi Ketiga (1965-1980). Pada generasi ini perkembangan Sistem Operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka Sistem Operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi-programming (melayani banyak program sekali gus).

· Generasi Keempat (Pasca 1980-an). Dewasa ini, Sistem Operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface (GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Bagian-bagian System Operasi

Ø Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory

Ø Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi

Ø Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna

Ø Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain

Ø Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Macam-macam System Operasi

Sistem Operasi-Sistem Operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).

2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka Sistem Operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3. Mac OS, adalah Sistem Operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem Operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

4. Keluarga Linux

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali Sistem Operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari Sistem Operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll

Pelbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

no sara...